Kompas TV internasional kompas dunia

26 Pemberontak Maois India Tewas Usai Tempur Sehari Penuh dengan Polisi

Kompas.tv - 14 November 2021, 15:22 WIB
26-pemberontak-maois-india-tewas-usai-tempur-sehari-penuh-dengan-polisi
Sebanyak 26 pemberontak bersenjata kelompok militan Maois Naxal tewas usai bertempur sehari penuh dengan pasukan kepolisian India di hutan Korchi di distrik Gadchiroli, 1.012 km dari Mumbai. Empat personel polisi juga terluka parah dalam aksi tersebut. (Sumber: India TV News)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Fadhilah

MUMBAI, KOMPAS.TV - Sebanyak 26 pemberontak bersenjata kelompok militan Maois Naxal tewas usai bertempur sehari penuh dengan pasukan kepolisian India di hutan Korchi di distrik Gadchiroli, 1.012 km dari Mumbai, kata seorang pejabat tinggi polisi pada Sabtu, 13 November 2021.

"Kami telah menemukan 26 mayat Naxal sejauh ini dari hutan," kata Inspektur Polisi Distrik Gadchiroli Ankit Goyal setelah baku tembak sepanjang hari, yang dimulai pada dini hari Sabtu dan berlanjut hingga malam.

Empat personel polisi juga terluka parah dalam aksi tersebut dan diterbangkan ke Nagpur dengan helikopter untuk perawatan.

Distrik Gadchiroli di negara bagian Maharashtra di bagian barat India terletak di perbatasan negara bagian Chhattisgarh di bagian tengah.

Baca Juga: 22 Polisi Tempur India Tewas Dibantai Pemberontak Maois di Negara Bagian Chhattisgarh

Ilustrasi polisi India memburu kelompok Maois. 26 pemberontak bersenjata kelompok militan Maois Naxal tewas usai bertempur sehari penuh dengan pasukan kepolisian India di hutan Korchi di distrik Gadchiroli, 1.012 km dari Mumbai. Empat personel polisi juga terluka parah dalam aksi tersebut. (Sumber: tranradars.com)

"Ada kamp Naxals di hutan Gyarapatti-Kodagul Korchi, yang menjadi dasar operasi pencarian sejak Sabtu pagi," kata SP Goyal.

Pemberontak Naxalite, di delapan negara bagian India, mengklaim memperjuangkan hak-hak orang miskin dan tidak memiliki tanah di negara itu dan telah sering menargetkan pasukan keamanan India.

Tahun 2019, delapan negara bagian India ini melaporkan 670 kasus kekerasan kelompok pemberontak ini yang menewaskan 150 warga sipil dan 52 personel keamanan.

Sementara 145 pemberontak bersenjata (Naxalites) tewas dan 1.276 ditangkap, kata laporan media, mengutip data pemerintah.

Tahun lalu, 140 warga sipil dan 43 personel keamanan tewas dalam 665 kasus kekerasan Naxal.



Sumber : Kompas TV/Straits Times

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.