Kompas TV nasional peristiwa

Dekat dengan Permukiman, Warga Sempat Panik Saat Terjadi Kebakaran Kilang Pertamina Cilacap

Kompas.tv - 14 November 2021, 14:21 WIB
Penulis : Aryo bimo

CILACAP, KOMPAS.TV - Warga Kelurahan Lomanis, Kecamatan Cilacap Tengah, Jawa Tengah, sempat panik saat satu kilang Pertalite milik Pertamina Refinery Unit (RU) IV terbakar pada hari Sabtu (13/11/2021) malam. 

Pasalnya, lokasi kebakaran sangat dekat dengan permukiman warga. Setidaknya ada 4 Rukun Warga (RW) yang hanya berjarak 200 hingga 500 meter dengan kilang minyak Pertamina yang terbakar. 

Baca Juga: Kebakaran Tangki Kilang Minyak Pertamina di Cilacap: Api Belum Padam, Asap Hitam Membumbung Tinggi

Terdapat sekitar 1.500-2.000 jiwa warga yang tinggal di permukiman tersebut. Sebagian warga mengungsi ke tempat yang lebih aman karena khawatir api merembet ke permukiman.

Warga secara bergantian berjaga di sekitar lingkungan mereka. Bersama aparat, warga memantau kebakaran dari jarak aman. Penjagaan dilakukan untuk mengantisipasi api meluas ke permukiman. 

Baca Juga: Tangki Kilang Cilacap Kebakaran, Pertamina Pastikan Pasokan BBM dan LPG di Jateng dan DIY Aman

Lokasi tangki yang terbakar berada di daerah Banjaran, Kelurahan Donan tidak jauh dari pintu gerbang masuk utama kilang Refinery Unit (RU) IV Cilacap.

Kepulan asap membumbung tinggi, diikuti lidah api yang berkobar dari tangki kilang yang terbakar. Menurut kesaksian warga sekitar, kebakaran diawali suara ledakan yang diikuti kobaran api besar.

Video Editor: Febi Ramdani



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x