Kompas TV nasional peristiwa

Jakarta Raih Penghargaan Penerapan Protokol Kesehatan dan Vaksinasi Covid-19 Terbaik dari Kemenkes

Kompas.tv - 14 November 2021, 06:30 WIB
jakarta-raih-penghargaan-penerapan-protokol-kesehatan-dan-vaksinasi-covid-19-terbaik-dari-kemenkes
Ilustrasi tes polymerase chain reaction (PCR). (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Provinsi DKI Jakarta meraih penghargaan kategori nasional untuk Pelaksanaan Tes Lacak Isolasi, Penerapan K3 dan Protokol Kesehatan Covid-19, Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Terbaik dari Kementerian Kesehatan dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 2021.

Selain itu, Jakarta juga raih Indeks Keluarga Sehat (IKS) terbaik. 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti, menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada DKI Jakarta di skala nasional ini. 

“Pencapaian ini terwujud atas peran serta seluruh pihak, baik tenaga kesehatan, dukungan Pemerintah Pusat dan Daerah, serta yang terpenting partisipasi aktif dari masyarakat yang ingin meningkatkan derajat kesehatan,” kata Widyastuti pada siaran persnya, Sabtu (13/11/2021). 

Sebagai rincian, penghargaan untuk pelaksanaan Tes Lacak Isolasi terbaik tingkat Kabupaten/kota diberikan kepada Jakarta Timur yang memiliki rasio lacak sebesar 25. Artinya, dari satu kasus positif, dilacak sebanyak 25 orang ayng menjadi kontak erat. 

Baca Juga: Round-Up Berita: Kebakaran Tangki Pertamina di Cilacap hingga Polisi Tangkap Pemalak di Wisma Atlet

"Selain itu, pencarian kasus positif secara aktif atau Active Case Finding (ACF) dilakukan secara jitu di zona populasi berisiko, dalam hal ini RT merah, oranye, dan kuning, di mana penyisiran tidak hanya dilakukan di sekolah, tetapi juga di mall, pasar, dan perkantoran/tempat usaha," jelas Widyastuti.

Widyastuti mengatakan, ACF di Jakarta Timur untuk pembelajaran tatap muka juga mencapai 18 persen yang melampaui target Kemenkes yakni 10 persen.

Selanjutnya, penghargaan penerapan K3 dan protokol kesehatan Covid-19 diberikan kepada 
 Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dan Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Provinsi DKI Jakarta.

Kedua perangkat daerah mampu bergerak optimal untuk memastikan Satgas Covid-19 di perkantoran secara aktif melaporkan kasus positif dan juga mendorong transparansi terhadap data kasus perkantoran dapat diakses oleh masyarakat melalui situs corona.jakarta.go.id dan pelaporan masyarakat melalui JAKI.

Baca Juga: Cuaca Jakarta Hari Ini, BMKG: Cerah Berawan Pagi hari, Siang hingga Malam Bakal Diguyur Hujan

Selanjutnya, penyelenggaraan vaksinasi Covid-19 terbaik diberikan kepada Puskesmas Penjaringan Jakarta Utara.

"Puskesmas Penjaringan Jakarta Utara termasuk pioner pelaksanaan vaksinasi malam hari dan percepatan vaksinasi bagi para nelayan serta warga pesisir di hari Sabtu dan Minggu. Adapun total vaksinasi di Puskesmas Penjaringan Jakarta Utara untuk dosis 1 sebanyak 202.898 orang dan vaksinasi dosis 2 sebanyak 169.484 orang," kata Widyastuti. 

Penghargaan IKS tertinggi tingkat nasional kategori perkotaan atas pencapaian penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga diberikan kepada Puskesmas Kelurahan Halim 1 (Peringkat 1) dan Puskesmas Kelurahan Kelapa Gading Timur 1 (Peringkat 2).

“Penghargaan ini telah membawa pelayanan kesehatan di DKI Jakarta satu langkah lebih dekat terhadap terwujudnya keluarga sehat di Ibu Kota,” ujarnya Widyastuti. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x