Kompas TV entertainment lifestyle

Ternyata Ini Golongan Darah Paling Istimewa, Disebut Terlangka di Bumi

Kompas.tv - 14 November 2021, 06:18 WIB
ternyata-ini-golongan-darah-paling-istimewa-disebut-terlangka-di-bumi
Ilustrasi mengecek golongan darah. Dari beberapa golongan darah diketahui ternyata ada di antaranya yang paling istimewa. (Sumber: Pixabay)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Adakah golongan darah paling istimewa di dunia ini? Secara umum, golongan darah dikelompokkan berdasarkan dua jenis penggolongan yakni ABO dan Rhesus.

Penggolongan darah ABO ditemukan Ilmuwan Austria, Karl Landsteiner yang memperoleh penghargaan Nobel dalam bidang Fisiologi dan Kedokteran pada tahun 1930.

Golongan darah ABO terbagi menjadi empat yakni A, B, AB, dan O. Secara umum, golongan darah O adalah yang paling banyak dijumpai di dunia.

Baca Juga: Intip Deretan Golongan Darah Terkuat hingga Paling Rentan Terhadap Penyakit

Sementara itu, jenis penggolongan darah yang memanfaatkan faktor Rhesus atau faktor Rh, diberi nama dari monyet jenis Rhesus oleh Karl Landsteiner pada tahun 1940.

Melansir Discovery, Minggu (14/11/2021), selain kedua jenis itu ternyata masih ada jutaan jenis golongan darah, yang paling langka dimiliki oleh kurang dari 45 orang di Bumi. 

Golongan darah paling istimewa tersebut adalah Rhnull atau biasa juga disebut sebagai darah emas.

Apa itu Rhnull?

Rhnull atau darah emas adalah suatu kondisi kelainan yang ditandai dengan kurangnya antigen dalam RhD pada sel darah merah. 

Golongan darah ini sangat langka sehingga hanya 43 orang di Bumi yang pernah dilaporkan memilikinya, dan hanya ada sembilan pendonor aktif. 

"Ini adalah darah emas," kata Dr. Thierry Peyrard, Direktur Laboratorium Referensi Imunohematologi Nasional di Paris, kepada Mosaic.

Baca Juga: 7 Rahasia Kondisi Kesehatan yang Terungkap dari Golongan Darah

Apa Keistimewaan Golongan Darah Rhull?

Ternyata, golongan darah emas ini memiliki keistimewaan bisa mendonorkan darah tanpa ketentuan rhesus.

Oleh karena itu, golongan darah ini jadi donor darah universal dari sistem penggolongan darah secara rhesus.

Sehingga, tidak perlu harus memperhatikan rhesus negatif atau rhesus positif.

"Karena darah Rhnull dapat dianggap darah 'universal' bagi siapa saja dengan golongan darah langka dalam sistem Rh, kemampuan menyelamatkan nyawanya sangat besar," tambah Dr. Thierry.

Dalam hal ini, Rh-null bisa disamakan dengan golongan darah O pada sistem penggolongan darah ABO.

"Karena itu, ia juga sangat dihargai oleh dokter, meskipun akan diberikan kepada pasien hanya dalam kondisi ekstrem. keadaan, dan setelah pertimbangan yang sangat hati-hati, karena mungkin hampir mustahil untuk diganti," ungkapnya.



Sumber : Discovery

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.