Kompas TV regional kriminal

Nasib Polisi yang Diduga Peras Warga di Medan: Diamuk Massa, dan Terancam 9 Tahun Penjara

Kompas.tv - 14 November 2021, 05:49 WIB
nasib-polisi-yang-diduga-peras-warga-di-medan-diamuk-massa-dan-terancam-9-tahun-penjara
Seorang polisi di Medan, Sumatera Utara, diamuk warga usai lantaran diduga memeras warga dengan modus melakukan penilangan. (Sumber: Tangkapan layar video FB via Kompas.com)
Penulis : Gading Persada

MEDAN, KOMPAS.TV— Pihak Polrestabes Medan sudah menyelesaikan gelar perkara terhadap dugaan pidana yang dilakukan seorang polisi berinsial Bripka P.

Polisi yang diamuk massa ini dinilai telah memenuhi unsur pidana lantaran diduga memeras warga dengan modus tilang. 

Wakil Kepala (Waka) Polrestabes Medan AKBP Irsan Sinuhaji menjelaskan bahwa Bripka P dijerat Pasal 363 KUHP. Jeratan pasal ini membuat anggota polisi tersebut terancam 9 tahun penjara.

"Sehingga kepada yang bersangkutan kita proses pidananya. Bisa dilihat yang bersangkutan berdiri di belakang kita. Kepada personel tersebut kita kenakan Pasal 368 jo Pasal 53 KUHP dengan ancaman 9 tahun kurungan penjara," kata Irsan didampingi Kasatreskrim Polrestabes Medan Kompol M Firdaus dalam konferensi pers di Medan, Sabtu (13/11/2021).

Baca Juga: Polisi Medan yang Diamuk Massa Memang Berencana Minta Uang, Kapolda Minta Maaf

Melansir Kompas.com, polisi berinsial Bripka P, sebut Waka Polrestabes juga diduga memeras warga. Saat ini, penyidik sedang memeriksa 2 orang saksi yang melihat kejadian pemerasan tersebut.

Irsan mengatakan, dari hasil pendalaman, Bripka P yang bertugas di Polsek Deli Tua itu memang sudah pernah melakukan pemerasan. 

"Sedang kita dalami. Dari kejadian kemarin ditemukan uang Rp100.000 dan STNK kendaraan korban. Katanya baru kali ini. Tapi kita tak peduli itu," tegas Irsan.

Lebih lanjut ia menegaskan, Polrestabes Medan tidak akan menoleransi perbuatan personel yang tidak baik seperti ini. Tidak hanya itu apabila ada personel Polrestabes Medan yang berbuat tidak baik, warga bisa segera melaporkan dan personel tersebut akan diproses secara hukum.

Baca Juga: Kata Kapolda Sumut Soal Polisi Diamuk Massa di Medan: Dia Melanggar, Harus Diproses Tuntas

"Kita tegas dan kita akan proses, kita akan pidanakan. Kita tidak bermain-main. Kita imbau bagi personel lainnya harus berbuat baik semuanya," tegasnya lagi.

Sebelumnya seperti diberitakan KOMPAS.TV, sebuah video viral di media sosial menampilkan saat seorang pria berseragam polisi yang akhirnya diketahui adalah Bripka P menjadi korban amuk massa di Jalan dr Mansyur Medan, Sumatera Utara Kamis (11/11). 

Peristiwa itu terjadi saat pria tersebut diduga hendak menilang seorang pengendara motor. Kepala lingkungan sekitar, Budiman Sihombing mengatakan, bahwa pria tersebut memang anggota polisi yang bertugas di Polsek Deli Tua berinisial P dengan pangkat Bripka.

Baca Juga: Kronologi Polisi di Medan Diamuk Massa karena Diduga Memeras Pengendara dengan Modus Tilang

Setelah itu anggota polisi tersebut kemudian dibawa ke Polsek Sunggal. Namun selanjutnya, kasus itu ditangani Propam Polrestabes Medan.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x