Kompas TV regional berita daerah

Ambulans Sungai Resmi Beroperasi di Banjarmasin, Antar-Jemput Pasien Bisa Lewat Jalur Air

Kompas.tv - 13 November 2021, 19:40 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Pemerintah Kota Banjarmasin meresmikan beroperasinya ambulan sungai milik RSUD sultan Suriansyah di momen puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57, 12 november, jumat pagi.

Ambulan sungai dengan pagu anggaran 800 juta rupiah ini berupa kapal cepat atau speed boat yang dilengkapi peralatan pertolongan pertama medis layaknya ambulan pada umumnya.

Baca Juga: Hujan Lebat, Banjir Sempat Rendam Sejumlah Wilayah di Kota Martapura

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi menyebut ambulans sungai ini akan beroperasi untuk melayani warga pesisir sungai mengingat 30 persen warga Banjarmasin berada di bantaran sungai.

Penyediaan ambulans sungai juga untuk menghindari gangguan perjalanan darat menuju rumah sakit.

"30 persen warga Banjarmasin tinggal di bantaran sungai, masih ada yang tidak bisa ditangkap dengan ambulans darat, ketika ada orang sakit yang harus segera dirujuk ke rumah sakit, ini solusinya," ucap Machli Riyadi.

Baca Juga: Demi Pergi Sekolah, Siswa SD Nekat Lewati Jembatan Gantung yang Rusak

Selain itu ambulan sungai juga disiagakan untuk kegiatan masyarakat di sungai seperti perlombaan dayung dan jukung hias.

"Kita resmikan ambulans sungai yang siap melayani supaya tidak macet di jalan terutama di pinggiran sungai," ucap Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina.

"Jika membutuhkan ambulans sungai ini, warga tinggal menghubungi 119," tambahnya.

Di momen HKN 2021 ini Pemkot Banjarmasin juga memberikan santunan bagi keluarga tenaga kesehatan yang gugur akibat covid-19, memberikan apresiasi bagi tenaga kesehatan hingga penghargaan pada instansi-instansi yang berjasa dalam membantu percepatan penanganan covid-19 di Kota Banjarmasin diantaranya TNI (Kodim 1007/Banjarmasin), Kepolisian (Polresta Banjarmasin) dan Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x