Kompas TV tekno gadget

Tim Cook Sarankan Pengguna Apple Beli Android, Ini Alasannya

Kompas.tv - 13 November 2021, 10:24 WIB
tim-cook-sarankan-pengguna-apple-beli-android-ini-alasannya
CEO Apple Inc, Tim Cook (Sumber: New York Times)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – CEO Apple Tim Cook menyarankan pengguna produknya untuk membeli perangkat Android dalam sebuah pertemuan puncak DealBook yang diadakan The New York Times.

Pembicaraan tersebut rupanya soal sideloading, di mana Apple tengah menghadapi banyak kritik dari banyak penggunanya karena tidak mengizinkan sideloading aplikasi pihak ketiga di iPhone.

Untuk diketahui, sideloading adalah proses menginstal aplikasi yang bersumber dari pihak ketiga. Sederhananya, perangkat yang mengizinkan sideloading dapat menginstal aplikasi tak resmi di perangkatnya.

Baca Juga: WhatsApp Jajal Wajah Baru di Fitur Terakhir Dilihat, Bisa Sembunyikan untuk Kontak Tertentu

Apple sendiri memang tidak mengizinkan sideloading di perangkat mereka karena alasan keamanan. Sementara pengguna perangkat Android bisa mengunduh aplikasi dari luar.

Dalam pertemuan tersebut, Tim Cook menyarankan kepada mereka yang ingin melakukan sideloading aplikasi untuk membeli Android saja.

“Saya pikir orang punya pilihan hari ini. Beli hp Android kalau mau sideloading,” kata Tim Cook, dikutip dari Financial Express, Sabtu (13/11/2021).

Bos Apple ini juga menjabarkan alasannya tidak mengizinkan sideloading di semua sistem perangkatnya.

“Kami percaya itu seperti produsen mobil yang menjual mobil tanpa sabuk pengaman atau airbag di dalam mobil. Terlalu berisiko untuk melakukan itu. Jadi bukan iPhone jika tidak memaksimalkan keamanan dan privasi,” jelasnya.

Baca Juga: WhatsApp Dilaporkan Bikin Fitur Baru Bernama Communities, Grup dalam Grup

Ini bukan pertama kalinya Apple menjelaskan alasan mereka tidak memasukkan fitur sideloading aplikasi. Perusahaan ‘apel kroak’ ini bahkan sudah menerbitkan buku putih pada Oktober lalu yang menjelaskan dampak berbahaya sideloading bagi pengguna.

Jika pengguna iOS diberi kesempatan untuk melakukan sideloading aplikasi lain seperti yang dilakukan pengguna Android, itu artinya keamanan dan privasi iOS dapat dikompromikan. 

“Jika Apple dipaksa untuk mengizinkannya, itu mungkin bukan demi kepentingan terbaik pengguna,” tegas Cook.



Sumber : Kompas TV/Financial Express


BERITA LAINNYA



Close Ads x