Kompas TV olahraga kompas sport

Usai Jajal Sirkuit Mandalika, Jokowi: Rupanya Begini Sirkuit Balapan, Tikungannya Tajam Sekali

Kompas.tv - 12 November 2021, 21:12 WIB
usai-jajal-sirkuit-mandalika-jokowi-rupanya-begini-sirkuit-balapan-tikungannya-tajam-sekali
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengendarai motor saat menjajal langsung Sirkuit Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (12/11/2021).  (Sumber: (SETPRES/AGUS SUPARTO))
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Vyara Lestari

LOMBOK, KOMPAS.TV - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menceritakan pengalamannya menjajal Sirkuit Mandalika pada Jumat (12/11/2021).

Aksi Presiden Jokowi menjajal lintasan sepanjang 4,3 km tersebut dilakukan tepat sebelum meresmikan sirkuit yang bertempat di Lombok, Nusa Tenggara Barat itu.

Dalam kunjungannya ke NTB kali ini, Jokowi juga dijadwalkan meresmikan Jalan Bypass Bandara Internasional Lombok (BIL) - Mandalika, sebelum kejuaraan dunia balap motor seperti Asia Talent Cup (ATC) dan World Super Bike (WSBK) digelar pada November ini.

Baca Juga: Jokowi Mengaku Tidak berani Ngebut di Sirkuit Mandalika dengan 17 Tikungan, Karena Alasan Ini

Usai melibas Sirkuit Mandalika, Jokowi menceritakan kesannya mencoba aspal sirkuit balapan level internasional dengan motor balap klasik custom-nya. Menurutnya, tikungan-tikungannya sangat tajam.

"Sirkuit Mandalika sempat diguyur hujan hari ini, saya tetap turun dan menjajalnya dengan sepeda motor saya," tulis Presiden Jokowi di akun Twitter resminya.

"Rupanya begini yang disebut sirkuit balapan itu. Tikungan-tikungannya tajam sekali. Ada 17 tikungan. Kalau untuk pebalap mungkin enggak ada masalah, tapi saya?"

Setelah mencoba aspal Sirkuit Mandlika, Jokowi juga menyatakan bahwa sirkuit yang membutuhkan biaya pembangungan sebesar Rp1,1 triliun ini siap untuk menggelar ajang balap internasional.

"Ajang-ajang balap kelas dunia kini siap digelar di Sirkuit Mandalika yang hari ini saya resmikan di Lombok Tengah, NTB. Sirkuit sepanjang 4,3 km ini berlapiskan teknologi aspal terbaru."

Paling dekat, Sirkuit Mandalika akan menjadi arena balap World Superbike (WSBK) pada 19 sampai 21 November 2021 mendatang.

Kemudian, tahun depan, tepatnya bulan Maret 2022, akan dilangsungkan MotoGp di Sirkuit Mandalika.

Baca Juga: Penampakan Motor Custom Presiden Jokowi saat Tiba untuk Jajal Sirkuit Mandalika

 



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x