Kompas TV video sinau

Bangun Tidur Sebelum Alarm Bunyi, Apa Penyebabnya?

Kompas.tv - 14 November 2021, 08:00 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Alarm adalah salah satu perangkat atau fitur yang sering digunakan untuk memberi peringatan, termasuk menyetel alarm agar bisa bangun tidur sesuai waktu yang ditentukan.

Namun, seringkali orang terbangun dari tidur bahkan sebelum alarm berbunyi. Apa penyebabnya?

Melansir Elite Daily, bangun sebelum alarm pagi berbunyi bisa disebabkan karena istirahat malam yang sempurna. Hal ini menandakan tubuh telah mendapatkan semua yang dibutuhkan malam tersebut.

Terbangun sebelum bunyi alarm juga dipengaruhi oleh jam internal tubuh atau ritme sirkadian.

Baca Juga: Penyebab Tidur dengan Mata Terbuka dan 4 Cara Mengatasinya

Ritme sirkadian tubuh inilah yang bertugas mengontrol tekanan darah suhu tubuh, dan waktu kapan mengantuk dan terjaga selama 24 jam setiap harinya.

Jam tubuh bekerja dengan baik jika memiliki rutinitas bangun dan tidur teratur, sehingga tubuh akan bangun di waktu yang sama setiap hari.

Orang dewasa membutuhkan sekitar 7-9 jam tidur setiap malamnya. Misalnya, seseorang yang selalu pergi tidur pada jam 10 setiap malam akan bangun sekitar jam 5-7 pagi.

Hal ini karena tubuh seseorang tersebut membiasakan jumlah jam tidur yang dimiliki, dan secara otomatis tahu kapan harus bangun di pagi hari.

Baca Juga: Sering Kesemutan dan Kram Tangan Setelah Bangun Tidur? Waspada Bisa Jadi Tanda Kolesterol Tinggi

Dilansir dari IFL Science, tubuh sebenarnya membenci suara alarm dengan suara keras yang seolah memaksa, karena tubuh seperti ingin bangun dengan santai dan alami.

Selain itu, memencet tombol tunda atau snooze dalam aplikasi alarm di handphone, justru mengganggu tubuh untuk membantu seseorang tersadar dengan lancar dari tidur ke bangun.

Agar tubuh tidak terlalu terganggu dengan bunyi alarm, ahli menyarankan untuk memanfaatkan jam alarm dari cahaya alami, atau gunakan suara alarm yang bertahap sehingga tidak mengagetkan saat bangun.

(*)

Grafis: Agus Eko



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.