Kompas TV nasional politik

[FULL] Pidato Jokowi di HUT Nasdem: Soal KTT G20 hingga Mental Inlander

Kompas.tv - 11 November 2021, 18:17 WIB
Penulis : Theo Reza

JAKARTA, KOMPAS.TV – Presiden Joko Widodo memberikan sambutan dalam acara HUT ke-10 Partai Nasdem.

Dalam kesempatan tersebut presiden Jokowi menyinggung terkait perjalanan dirinya saat menghadiri KTT G20 dan KTT Perubahan Iklim COP26 di Glasglow.

Dalam pertemuan tersebut Jokowi menghadiri banyak sekali permintaan pertemuan bilateral.

Meski begitu, Indonesia juga mendapat penghormatan sebagai presidensi menjadi Ketua G20 yang akan diselenggarakan di Pulau Bali dan kota-kota lain.

Dalam pidatonya, Jokowi merasa sedih posisi yang semakin dihargai dan dihormati oleh negara lain namun sering kali dikerdilkan di negara sendiri.

Baca Juga: Jokowi Sedih: Kita Semakin Dihormati Negara lain, Tapi di Negara Sendiri Dikerdilkan..

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyinggung terkait mental inlander. Jokowi bercerita untuk bersikap biasa saat bertemu bule.

“Jangan- jangan seperti itu, meskipun kita sudah 76 tahun merdeka. Dan merdekanya pun lewat sebuah perjuangan yang panjang. Bukan diberi. Ini masih terus jadi kepikiran ya. Jangan-jangan kita memiliki mental inlander, mental terjajah, mental inferior gara-gara DNA yang diturunkan karena 350 tahun kita terjajah,”ujar Jokowi.

Jokowi pun mengingatkan untuk tidak kehilangan ajaran budi pekerti dan mewarisi kearifan-kearifan lokal untuk mengelola kehidupan kita secara baik.

Video Editor: Febi Ramdani



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x