Kompas TV olahraga kompas sport

Insiden Unboxing Motor Sembarangan di Mandalika Bikin Bos Ducati Marah

Kompas.tv - 11 November 2021, 10:38 WIB
insiden-unboxing-motor-sembarangan-di-mandalika-bikin-bos-ducati-marah
Tangkapan layar dari laman Speedweek.com mengenai berita pembongkaran peti kargo berisi motor oleh oknum petugas di Sirkuit Mandalika (Sumber: Speedweek.com)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Desy Afrianti

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Sorotan tajam tertuju kepada Mandalika Grand Prix Associaton (MGPA) selaku promotor balapan WorldSBK di Sirkuit Mandalika, Indonesia.

Pasalnya, belum lama ini telah beredar sebuah video yang menayangkan aktivitas menunjukkan motor balap tim dari peti kargo di dalam Sirkuit Mandalika.

Unggahan akun Instagram Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean C Mataram menjelaskan pembongkaran peti dilakukan untuk keperluan administrasi.

Namun, beredarnya video pembongkaran peti berisi motor dan aksi foto bareng di berbagai platform media sosial menimbulkan kritik.

Baca Juga: Jelang World Superbike di Mandalika, Tiket Pesawat dan Paket Wisata Lombok Langsung Penuh

Lebih-lebih video menunjukkan pembongkaran motor Ducati V4R milik pembalap Aruba.it Ducati, Michael Ruben Rinaldi, dilakukan oleh pegawai tanpa seragam bea cukai.

Peristiwa ini mengundang perhatian media motorsport ternama asal Swiss, Speedweek.

Dilansir dari Speedweek, Kamis (11/11), pihak yang berwenang membuka peti itu hanyalah petugas bea cukai yang memiliki tanda khusus atau tim pemilik motor itu sendiri. 

Aturan ini dimaksudkan untuk menghindari spionase dan manipulasi material.

Aksi unboxing ilegal yang terjadi di Mandalika sudah sampai ke telinga Direktur Olahraga Ducati, Paolo Ciabatti.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x