Kompas TV internasional kompas dunia

Misteri Hilangnya Seorang Mantan Kepala Polisi India

Kompas.tv - 11 November 2021, 05:49 WIB
misteri-hilangnya-seorang-mantan-kepala-polisi-india
Parambir Singh, mantan petinggi kepolisian India yang menghilang tanpa jejak setelah membuat atasannya ditangkap atas tuduhan pemerasan dan korupsi. Singh menghilang tanpa jejak sejak awal Mei lalu. (Sumber: Ashish Raje via BBC)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Fadhilah

MUMBAI, KOMPAS.TV – Pada 1 Oktober lalu, otoritas India membuat pengumuman sensasional: mantan kepala polisi Mumbai, ibu kota keuangan negara itu, menghilang.

Parambir Singh (59), seorang perwira tinggi dengan reputasi angkuh, terpilih memimpin 45.000 personel polisi hampir dua tahun lalu.

Kini, Singh tak tampak, baik di kantornya, di apartemennya di Mumbai, pula di kediaman keluarganya di Chandigarh di utara India.

Meski kepolisian menggelar perburuan untuk menemukan keberadaannya, keluarga Singh – istri dan putrinya yang tinggal bersamanya di Mumbai, juga putranya yang tinggal di luar negeri – juga tim pengacaranya, tutup mulut.

Melansir BBC pada Rabu (10/11/2021), semua bermula pada Februari silam saat sebuah mobil SUV bermuatan bahan peledak ditemukan di luar rumah Mukesh Ambani, orang terkaya Asia.

Beberapa hari kemudian, mayat pemilik kendaraan itu ditemukan di laut dekat kota itu. Polisi menyatakan bahwa ia telah dibunuh dan mayatnya dibuang.

Baca Juga: Sungai Suci India Dicemar Limbah, Warga Nekat Mandi Cari Berkah

Masalah kian rumit saat polisi menangkap seorang kenalan pemilik kendaraan itu. Para penyidik meyakini bahwa Sachin Vaze, asisten inspektur polisi bagian kejahatan elite, terlibat dalam rencana penempatan mobil bermuatan bahan peledak di luar rumah Ambani dan pembunuhan pemilik mobil. Vaze sendiri membantah seluruh tuduhan itu.

Pada Maret, Singh dimutasi dari posisinya dan pindah mengepalai kesatuan di Maharashtra – yang beribu kota Mumbai – yang minim sumber daya personel. 

“Ini bukan mutasi biasa. Sebagai kepala polisi Mumbai, kesalahan serius telah dilakukan oleh petugas yang bekerja di kantor komisaris polisi. Kesalahan ini serius, dan itu sebabnya dia dimutasi,” terang Anil Deshmukh yang ketika itu menjadi menteri dalam negeri negara bagian Maharashtra. Namun, tak pernah dijelaskan kesalahan macam apa yang dibuat para petugas polisi bawahan Singh.

Singh Menghilang

Beberapa saat setelahnya, Singh menulis surat pada pemerintah dan menuding Deshmukh, bosnya, atas tuduhan pemerasan dan korupsi.

Ia menuding Deshmukh memerintahkan Vaze mengumpulkan uang suap dari para pemilik bar dan hotel yang kesulitan memenuhi beragam peraturan.

Singh dan Anil Deshmukh (kiri), mantan menteri dalam negeri Maharashtra, India, kini saling tuding terkait kasus pemerasan dan korupsi. (Sumber: Ashish Raje via BBC)

Deshmukh membantah tuduhan-tuduhan itu, tapi ia dipaksa mundur pada awal April lalu.

Penyidik keuangan federal kini mulai memeriksa Deshmukh dan memanggilnya 5 kali untuk diinterogasi. Pada November, mantan menteri itu akhirnya ditangkap.

“Orang yang menuduh saya telah melarikan diri ke luar negeri,” sindirnya merujuk pada Singh.

Baca Juga: Luncurkan Parfum Beraroma Manisnya Sosialisme, Partai Sayap Kiri India Berkampanye Bujuk Pemilih



Sumber : BBC


BERITA LAINNYA



Close Ads x