Kompas TV kolom nasional

Oranger Mawar: Wanita Tangguh Berkuda Besi Listrik

Kompas.tv - 10 November 2021, 22:35 WIB
oranger-mawar-wanita-tangguh-berkuda-besi-listrik
Pasukan Oranger Mawar, Inovasi layanan kurir PT Pos Indonesia khusus perempuan Indonesia (Sumber: Humas Pos Indonesia)
Penulis :

JAKARTA –  Memberikan dukungan dan peluang besar bagi para wanita agar lebih tangguh dalam menghadapi masa Pandemi Covid-19, PT Pos Indonesia meluncurkan inovasi layanan kurir dan mitra bernama Oranger Mawar. 

Direktur Utama Pos Indonesia Faizal R. Djoemadi mengatakan Oranger Mawar adalah inovasi Pos Indonesia yang memiliki visi untuk pemberdayaan perempuan Indonesia, terutama bagi perempuan yang terdampak langsung pandemic baik kehilangan pekerjaan atau mengalami putus hubungan kerja. 

Pasalnya, kata Faisal sebanyak 623.407 pekerja perempuan yang dimana 60% diantaranya bekerja di sektor formal kehilangan pekerjaan akibat pandemi. “Berdasarkan data tersebut, kami kemudian membuat sebuah program Oranger Mawar. Oranger nantinya akan menjadi pasukan kami yang bekerja dalam sektor pick-up paket, antar paket termasuk juga dalam penjualan berbagai produk dari Pos seperti perangko. Program Oranger ini adalah program kemitraan, jadi pengemudinya adalah mitra bukan pegawai, tenaga kontrak, atau outsourcing," ujar Faizal, Rabu (10/11).

Ia berharap adanya program Oranger Mawar ini akan tercipta kemandirian dari para wanita Indonesia. Para pekerja tersebut bisa mempunyai nafkah sendiri dan tidak tergantung kepada suami terutama di tengah ketidakpastian akibat pandemi. 

Tidak hanya itu, Oranger Mawar ini memang sebuah peluang besar mengingat 52% pelaku bisnis daring juga dilakukan oleh kaum wanita. “Pelaku bisnis perempuan pasti akan lebih nyaman juga ketika dilayani oleh kurir perempuan,” imbuhnya.

Lebih lanjut Faizal menambahkan, untuk menjadi mitra Oranger Mawar syaratnya cukup mudah, yakni untuk perempuan berusia minimal 17 tahun dan harus memiliki SIM C. Calon mitra dapat bergabung menjadi Oranger Mawar di kantor pos yang tersebar di 4.800 titik di Indonesia.
 "Latar belakang pendidikan, pengalaman bajkan status sosial akan dikesampingkan, semua perempuan yang sesuai kriteria bisa mendaftarkan diri menjadi Oranger Mawar,” kata Faizal.

Pelepasan pasukan Oranger Mawar, Inovasi layanan kurir PT Pos Indonesia khusus perempuan Indonesia dengan kendaraan motor listrik. (Sumber: Humas Pos Indonesia)

Direktur Kurir Dan Logistik Pos Indonesia, Siti Choirina, menjelaskan bahwa Oranger Mawar yang identik dengan perempuan ini memang menjadi faktor utama untuk dapat engagement masyarakat luas.
Peluncuran Oranger Mawar ini juga mengambil momentum di hari pahlawan, Choiriana mengatakan bahwa ini menjadi bentuk pernghargaan pada kaum perempuan.
Satu-satunya direktur perempuan di jajaran petinggi Pos Indonesia ini menegaskan keyakinan Pos Indonesia dengan terobosan dalam bidang jasa kurir dan logistik.

Calon mitra Oranger Mawar juga berkesempatan untuk bisa menggunakan fasilitas kredit motor listrik Smoot, produksi T Smoot Motor Indonesia. Motor listrik ini bisa menjadi sarana Oranger Mawar dalam melaksanakan aktivitasnya sebagai mitra kurir PT Pos. 

CEO Smoot Motor Indonesia Irwan Tjahaja mengatakan, motor listrik tersebut menggunakan teknologi tukar baterai milik PT Swap Energi Indonesia. Melalui swap battery system, pengguna tidak perlu menunggu pengisian baterai berjam-jam, hanya cukup tinggal mengunjungi tempat penukaran baterai atau SwapPoin ketika motor kehabisan daya listrik.

 "Motor, baterai, dan tempat pengisian baterai semuanya terintegrasi di dalam satu aplikasi Swap, sehingga pengguna bisa selalu memantau status baterai terakhir dan juga titik lokasi Smoot motor. Selain itu, terdapat sistem anti-pencurian yang dapat diakses melalui aplikasi ketika kendaraan hilang atau dicuri," kata Irwan.

Untuk saat ini  PT Smoot Motor Indonesia mendukung penuh program 1.500 Oranger Mawar. Kata Irwan, dengan ‘good campaign’ ini siapa saja dapat bergabung dan memiliki motor listrik ini. “Sudah saatnya kini ‘Tulang Rusuk membantu ‘Tulang Punggung. Dan semoga dengan peluang ini juga bisa meningkatkan perekonomian untuk masyarakat Indonesia,” pungkas Irwan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.