Kompas TV entertainment selebriti

Persembahkan Piala Citra untuk Penyintas Kekerasan Seksual, Mian Tiara: Kamu Gak Sendiri

Kompas.tv - 10 November 2021, 22:15 WIB
persembahkan-piala-citra-untuk-penyintas-kekerasan-seksual-mian-tiara-kamu-gak-sendiri
Mian Tiara meraih Piala Citra dalam Festival Film Indonesia 2021. (Sumber: arsip.festivalfilm.id)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penyanyi Mian Tiara mempersembahkan Piala Citra untuk para penyintas kekerasan seksual. Mian meraih Piala Citra 2021 kategori Pencipta Lagu Tema Terbaik untuk film “Penyalin Cahaya”.

Ia mengaku penciptaan lagu itu berawal dari kegelisahan soal banyaknya kekerasan seksual yang dibiarkan terjadi.

“Yang membawa saya ke panggung ini adalah keresahan saya. Hal-hal yang tidak semestinya terjadi, tapi dibiarkan,” ujar Mian di Festival FIlm Indonesia 2021 pada Rabu (10/11/2021).

Baca Juga: Piala Citra FFI 2021: Jokowi Beri Apresiasi Film Indonesia yang Sabet Penghargaan Luar Negeri

Keresahan itu membuat Mian kemudian bertemu dengan Wregas Bhanuteja, sutradara film “Penyalin Cahaya”.

“Lagu ini ada karena pelecehan seksual masih terus terjadi. Keresahan yang membawa saya, mempertemukan saya dengan Wregas yang mempercayakan saya membuat tema lagu untuk Penyalin Cahaya,” tutur Mian.

Baginya, Penyalin Cahaya menjadi film spesial karena menampilkan realitas kekerasan seksual dari sudut pandang para korban.

“(Film ini) sebuah balutan yang paling manis, tapi membuat kita berpikir bahwa di luar sana banyak sekali perempuan, anak-anak bahkan laki-laki mengalami kekerasan seksual dan tidak mendapatkan keadilan,” kata Mian.

Untuk itu, Mian mempersembahkan penghargaan itu pada para penyintas kekerasan seksual. Ia pun menyampaikan simpatinya pada para penyintas.

“Saya persembahkan Piala Citra ini untuk teman-teman penyintas. Kamu gak sendiri. Sekarang, kita ada di sini untuk mendengarkan cerita kalian,” tegasnya.

Mian sendiri pernah menceritakan secara terbuka bahwa dirinya pernah menjadi korban pelecehan seksual oleh seorang aktor senior Indonesia.

Baca Juga: Angkat Isu Kekerasan Seksual, 'Penyalin Cahaya' jadi Film Panjang Pertama Wregas Bhanuteja

Ia membeberkan kisahnya itu lewat kumpulan cuitan pada 23 Januari 2020. Saat itu, ia mengingatkan untuk tidak menyepelekan perlakuan seksual pada korban.

Mian juga berharap para penyintas kekerasan seksual untuk mulai terbuka untuk mengubah keadaan.

Perlu diketahui, film Penyalin Cahaya berkisah tentang Sur yang diusir keluarganya dan kehilangan beasiswa kuliahnya karena menjadi korban kekerasan seksual.

Film ini menampilkan Shenina Cinnamon, Chicco Kurniawan, Jerome Kurnia, Lukman Sardi, Landung Simatupang, Ruth Marini, Mian Tiara, hingga Rukman Rosadi.

Penyalin Cahaya menjadi film panjang pertama garapan Wregas Bhanuteja. Wregas menulis skenario film ini bersama Henricus Pia. 

Film ini juga mengantarkan Wregas menyabet PIala Citra 2021 kategori Penulis Skenario Asli Terbaik dan Sutradara Terbaik.

Baca Juga: Ironi Penolakan Aturan Pencegahan Kekerasan Seksual dan Banyaknya Korban Takut Melapor



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x