Kompas TV regional berita daerah

Hari Pahlawan, Banjarmasin Peringati Sejarah 9 November, Kisah Para Pejuang Kalimantan Selatan

Kompas.tv - 10 November 2021, 21:56 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Bulan November menjadi bulan perjuangan dalam sejarah bangsa Indonesia melawan penjajahan belanda dan sekutunya.

Di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, peringatan hari pahlawan 10 november dibarengi peringatan gugurnya para pejuang Kalimantan Selatan dalam perang 9 November.

Baca Juga: Akibat Ganggu Istri Orang, Seorang Pria Tewas Dikeroyok Sang Suami dan Rekannya

Upacara pun selalu digelar di lokasi bersejarah perang 9 november 1945 di Kota Banjarmasin, (10/11/2021).

Lokasinya berada di kawasan Jalan D.I Pandjaitan yang kini menjadi markas Polda Kalimantan Selatan dan Kantor KPKN Kalsel.

Momentum peringatan hari pahlawan ini sebagai wujud semangat terus berjuang termasuk dalam peran anak bangsa menghadapi pandemi.

"Banjarmasin punya sejarah sendiri tentang pahlawan, 9 november di banua kita, intinya sama perlawanan rakyat terhadap penjajahan, jadi sejarah ini harus kita kenang ambil spiritnya, apalagi dalam memerangi covid-19, kemiskinan, kebodohan," ungkap Wali kota banjarmasin, Ibnu Sina.

"Era sekarang kita tingkatkan spirit kita membasmi covid-19, kemiskinan serta peryikaian di masyarakat, terus jaga persatuan," tambah Wakapolresta Banjarmasin, AKBP Sabana Atmojo.

Baca Juga: Baru 64 Persen, Target 75 Persen Vaksinasi Banjarmasin di HKN 2021 Akankah Tercapai ?

Perang 9 november 19-45 di Banjarmasin melibatkan para pejuang yang mengakibatkan 9 pejuang gugur dan namanya dicatat dalam sejarah perjuangan Kalimantan Selatan melawan Belanda dan tentara sekutu.

Sehari kemudian perjuangan juga berkobar di Surabaya, Jawa Timur dan diperingati sebagai hari pahlawan secara nasional.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.