Kompas TV video sinau

Keunikan yang Bisa Kamu Lihat saat Galungan di Bali

Kompas.tv - 10 November 2021, 19:13 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV-Galungan merupakan salah satu hari raya spesial bagi umat hindu. Hari raya Galungan adalah perayaan kemenangan dharma (kebaikan) atas adharma (kejahatan). Perayaan ini menjadi magnet tersendiri yang menarik wisatawan untuk berkunjung ke Bali.

Untuk mengintip keunikannya, berikut rangkumannya, dikutip dari Kompas.com:

1.rombongan Orang berpakaian Adat

Pura akan terlihat dipenuhi oleh orang dengan baju bernuansa putih. Sepanjang jalan menuju pura  juga dipenuhi orang yang akan beribadah dan membawa sesaji.

2.Penjor

Banyak penjor yang terpasang di depan rumah dan sudut jalanan. Penjor adalah sebuah tiang bambu tinggi, dengan hiasan janur dilengkaapi dengan hasil bumi, buah-buahan, padi, jagung, dan lainnya.

3.Tradisi Ngelawang Barong

Tradisi ini dilakukan dengan mengusung barong dan randa berkeliling di luar pura. Ngelawang Barong diyakini bisa  menyeimbangkan alam dan menjauhkan manusia dari bala dan bahaya. Biasa dilakukan oleh anak-anak kecil dengan iringan tabuhan gendang dan kenong.

4.’’Munjung’’ ke kuburan

Selama jasad masih dimakamkan dan belum digelar upacara ngaben. Keluarga yang masih hidup wajib mendatangi kuburan keluarganya.

5.Ngelawar

Hari penampahan adalah tradisi membuat lawar satu hari jelang hari raya galungan, lawar adalah makanan khas galungan, terbuat dari  campuran sayur-sayuran dan daging cincang.

6.Tradisi Ngurek

Para pemain menusuk dirinya dengan keris saat berada dalam keadaan kesurupan. Tradisi ngurek bisa disebut ‘’debus’’ ala bali.

Baca Juga: Lengkapi Perayaan Hari Raya Galungan, 6 Kuliner Khas Bali Ini Mesti Ada

https://www.kompas.tv/article/230423/lengkapi-perayaan-hari-raya-galungan-6-kuliner-khas-bali-ini-mesti-ada

Grafis: Agus Eko Apriyanto



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x