Kompas TV regional berita daerah

Pemkot Semarang Antisipasi Banjir di Sungai Beringin

Kompas.tv - 10 November 2021, 15:34 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Pembenahan drainase di kawasan Jalan Kuda Wonosari Ngaliyan, Kota Semarang, terus dilakukan oleh dinas pekerjaan umum serta masyarakat setempat. Selain melakukan pengoptimalan saluran irigasi di Jalan Pantura Semarang, warga juga memasang alat pendeteksi ketinggian air di aliran Sungai Beringin Ngaliyan Semarang.

Upaya ini dilakukan Pemkot Semarang dan warga untuk mengantisipasi banjir bandang. Alirna sungai yang membelah pemukiman penduduk di RT 04 Kelurahan Wonosari Ngalian ini, sering meluap saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi. Warga mengaku sudah sering kali mengalami banjir bandang dengan ketinggian air hampir tiga meter.

"Di sini kan dibentu kelompok siaga bencana (KSB). Dari temen-temen KSB sudah ada persiapan, tambang, pelampung dan sebagainya. Harapannya dari pemerintah Alhamdullilah ini sedikit demi sedikit sudah ada pembebasan tanah, karena akan diperluas sungainya," kata Sutono, warga Wonosari Ngalian.

Sementara itu menurut Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, untuk mengantisipasi banjir di Kota Semarang, selain membentuk kampung siaga bencana di kawasan yang sering dilanda bencana, Pemerintah Kota Semarang juga menyiapkan anggaran untuk melakukan pembebasan lahan di sekitar aliran Sungai Beringin. Wali Kota Semarang mengaku, pihaknya akan melakukan pembebasan lahan hingga tahun depan untuk melakukan normalisasi Sungai Beringin yang sering meluap.

"Kalo di daerah situ memang ada dua problem yang belum selesai yaitu Plumbon dan Beringin. Berringin sudah dalam tahap pengerjaan, saya harap di pertengahan tahun 2022 selesai. Satu lagi plumbon, kita masih dihadapkan persoalan yang klasik, yaitu limpahan air dari atas sangat banyak. Dari wilayah kabupaten lain masuk ke wilayah Semarang, kemudian di Semarang sendiri muaranya mengecil. Maka PR setelah beringin selesai ya kita akan selesaikan Plumbon. Kami berharap masyarakat juga bisa ikut mensupport membantu terutama dalam pembebasan lahan," ujar Hendi.

Pencegahan banjir bandang yang sering terjadi di kawasan aliran Sungai Beringin Ngalian Semarang tersebut, Pemerintah Kota Semarang telah mendapat bantuan dari kemneterian PUPR untuk melakukan normalisasi sungai. Hingga saat ini, Pemerintah Kota Semarang masih melakukan upaya pembebasan lahan di sekitran alirna Sungai Beringin yang masih di huni oleh puluhan warga.

#sungaiberingin #sungaiplumbon #kotasemarang

  



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.