Kompas TV entertainment selebriti

5 Artis Ini Ternyata Keturunan Pahlawan Nasional, Ada Maia Estianty hingga Celine Evangelista

Kompas.tv - 10 November 2021, 11:01 WIB
5-artis-ini-ternyata-keturunan-pahlawan-nasional-ada-maia-estianty-hingga-celine-evangelista
Kolase artis Indonesia keturunan pahlawan. (Sumber: Kolase Instagram)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sederet selebritas Tanah Air tak sedikit yang memiliki keturunan pahlawan nasional.

Bahkan, ada yang memiliki darah dari Pangeran Diponegoro, pejuang yang melawan penjajahan Belanda dan turut andil dalam peristiwa Perang Diponegoro.

Baca Juga: Hari Ini Usmar Ismail Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional, Ini Alasannya

Berikut beberapa artis Indonesia yang memiliki keturunan pahlawan nasional, dirangkum dari Tribunnews, Rabu (10/11/2021).

1. Maia Estianty

Penyanyi Maia Estianty ini ternyata cicit dari Hadji Oemar Said (HOS) Cokroaminoto, pemimpin organisasi Sarekat Islam (SI) tahun 1914-1934.

HOS Cokroaminoto sendiri menggawangi SI hingga menjadi salah satu organisasi dengan massa terbesar dan menjadi sejarah pergerakan nasional.

2. Dian Sastro

Aktris multitalenta Dian Sastrowardoyo juga masih memiliki hubungan darah dengan pahlawan nasional Prof. Mr. Sunario Sastrowardoyo dan penyair Subagio Sastrowardoyo.

Prof Sunario merupakan pengurus Perhimpunan Indonesia di Belanda. Dia menjadi salah satu tokoh yang berada di balik dua peristiwa besar, yakni Manifesto 1925 dan Konggres Pemuda II.

3. Asri Welas

Aktris cum pelawak Asri Welas ternyata keturunan pahlawan bersejarah, yakni Pangeran Diponegoro. Asri sendiri merupakan keturunan ketujuh dari Pangeran Diponegoro.

Pangeran Diponegoro merupakan pemimpin Perang Jawa atau Perang Diponegoro yang menjadi perang besar dan menelan ribuan korban.

Baca Juga: Jokowi Beri Anugerah Gelar Pahlawan Nasional kepada Empat Tokoh, Usmar Ismail hingga Tombolututu

4. Karina Salim

Karina Salim merupakan cicit dari pejuang kemerdekaan Indonesia, H. Agus Salim. H. Agus Salim menjadi salah satu sosok yang berada di balik kemerdekaan Indonesia, dia menjadi anggota Panitia Sembilan dan BPUPKI.

5. Celine Evangelista

Mantan istri Stefan William ini ternyata juga merupakan keturunan pahlawan, yakni H. Fadeli Luran. Sosok yang berjasa mempersatukan umat muslim di Makassar dan menjadi Komando Batlyon di Sulawesi.



Sumber : Kompas TV/Tribunnews

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.