Kompas TV nasional peristiwa

Kerap Ditanyakan, Ini Urutan Upacara Hari Pahlawan dan Hening Cipta Hari Ini

Rabu, 10 November 2021 | 05:30 WIB
kerap-ditanyakan-ini-urutan-upacara-hari-pahlawan-dan-hening-cipta-hari-ini
Ilustrasi Hari Pahlawan yang diperingati 10 November. Pada tahun ini, jatuh di hari Rabu. (Sumber: Kompas.id)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Peringatan Hari Pahlawan 2021 akan dilaksanakan serentak melalui upacara yang akan dimulai pada 08.00 waktu setempat, Rabu (10/11/2021).

Gelaran upacara dapat dilakukan dengan menyesuaikan kondisi masa pandemi Covid-19 seperti melaksanakannya di lapangan terbuka.

Sementara jika upacara tak dilakukan, maka bisa diganti dengan mengheningkan cipta selama 60 detik dengan menghentikan kegiatan.

Seluruh orang yang telah mendengar tanda hening cipta wajib menghentikan kegiatannya ketika berada di pasar, stasiun kereta api, terminal bus atau pelabuhan udara/laut dan tempat keramaian lainnya.

Baca Juga: Jangan Sampai Terlewat, Ini Syarat Dapat Tiket Gratis Promo Hari Pahlawan dari PT KAI

Juga di rumah-rumah, jalan raya (dalam kota), kantor, atau pabrik yang tidak terlibat pada upacara bendera, dalam kendaraan umum/pribadi yang berada di jalan raya (dalam kota) agar menghentikan kendaraannya.

Tak ketinggalan kapal laut, hening cipta diumumkan oleh nakhoda kapal, pesawat terbang hening cipta diumumkan oleh pilot, dan kereta api yang sedang berjalan.

Sementara dalam momen upacara yang memeringati jasa pahlawan ini terdapat pembacaan pesan-pesan pahlawan dan mengheningkan cipta selama 60 detik untuk mengenang jasa pahlawan.

Baca Juga: Kerap Ditanyakan, Hari Pahlawan 10 November Besok Apakah Libur? Ini Penjelasannya

Kementerian Sosial RI telah merilis panduan pelaksanaan upacara Hari Pahlawan, berikut tata caranya.

  1. Penghormatan umum kepada Pembina Upacara dipimpin oleh Komandan Upacara.
  2. Laporan Komandan Upacara kepada Pembina Upacara.
  3. Pengibaran bendera Merah Putih diiringi Lagu Kebangsaan 'Indonesia Raya' yang dinyanyikan oleh seluruh peserta upacara.
  4. Mengheningkan cipta dipimpin oleh Pembina Upacara.
  5. Pembacaan Pancasila.
  6. Pembacaan Pembukaan UUD’45.
  7. Pembacaan pesan-pesan Pahlawan (ditentukan panitia).
  8. Amanat Pembina Upacara.
  9. Pembacaan Do’a.
  10. Laporan Komandan Upacara kepada Pembina Upacara.
  11. Penghormatan kepada Pembina Upacara dipimpin oleh Komandan Upacara.
  12. Upacara selesai.

Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Saluran Irigasi Tertimbun Longsor

Selasa, 18 Januari 2022 | 15:28 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
15:30
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19