Kompas TV internasional kompas dunia

Iran Minta Jaminan AS Tak Lagi Keluar dari Perjanjian Nuklir

Kompas.tv - 9 November 2021, 21:37 WIB
iran-minta-jaminan-as-tak-lagi-keluar-dari-perjanjian-nuklir
Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh dalam konferensi pers pada Senin (1/11/2021). Khatibzadeh meminta AS memberi jaminan bahwa Washington tidak akan meninggalkan perjanjian nuklir seperti pada 2018. (Sumber: IRNA via Press TV)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

TEHERAN, KOMPAS.TV - Iran bersedia kembali masuk meja perundingan program nuklir. Namun, mereka meminta Amerika Serikat (AS) memberi jaminan bahwa Washington tak akan lagi keluar dari perjanjian.

Hal tersebut disampaikan juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh dalam konferensi pers virtual pada Senin (8/11/2021).

Apabila perundingan perjanjian nuklir sukses, Khatibzadeh meminta AS tak lagi keluar seperti pada 2018 silam.

“AS harus menunjukkan kapabilitasnya dan memberikan jaminan bahwa mereka tidak akan meninggalkan perjanjian lagi jika perundingan untuk mewujudkan kembali perjanjian berhasil,” kata Khatibzadeh diktuip Middle East Eye.

Baca Juga: Di KTT G20, Biden dan Trio Eropa Mlipir Bahas Nuklir Iran

Selain itu, Khatibzadeh menyebut AS harus mencabut semua sanksi yang dikenakan kepada Teheran. Washington juga diminta “mengakui kesalahan dalam meninggalkan pakta (nuklir)”.

Teheran sendiri masih mengakui perjanjian nuklir Iran (JCPOA) sejak AS meninggalkannya. Namun, Teheran mulai tidak memenuhi sejumlah komitmen yang disyaratkan sejak 2019.

Kini, perundingan nuklir Iran telah dimulai kembali. Khatibzadeh menyebut negosiator nuklir ulung Ali Bagheri Kani akan terbang ke Inggris Raya, Prancis, dan Jerman, tiga negara penanda tangan JCPOA.

Pemerintahan suksesor Trump telah menyatakan keinginannya menghidupkan kembali perjanjian. Namun, Washington mensyaratkan, Teheran harus memenuhi semua klausul JCPOA sebelum mencabut sanksi.

Sikap tersebut menjadi hambatan negosiasi nuklir Iran. Pasalnya, Teheran justru baru mau kembali ke perjanjian jika sanksi sudah dicabut.

Baca Juga: Kesepakatan Tercapai, Fasilitas Nuklir Iran akan Dilengkapi Kamera Pengawasan

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.