Kompas TV internasional kompas dunia

China Jual Kapal Perang Fregat Tercanggih PNS Tughril ke Pakistan

Kompas.tv - 9 November 2021, 12:15 WIB
china-jual-kapal-perang-fregat-tercanggih-pns-tughril-ke-pakistan
PNS Tughril, Kapal perang Pakistan buatan China jenis frigat tipe 054 A/P yang diserahkan China kepada Pakistan hari Selasa, 09 November 2021 (Sumber: Military Leaks)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

BEIJING, KOMPAS.TV - China mengekspor kapal perang terbesar dan tercanggih ke Pakistan yang tidak pernah dilakukannya ke negara mana pun.

Kapal perang itu dari jenis fregat tipe 054 hasil rancang bangun China State Shipbuilding Corporation Limited (CSSC) dibuat khusus untuk AL Pakistan dengan teknologi mutakhir, berdaya jelajah tinggi dengan kemampuan perang antar permukaan, dari permukaan ke udara, dan dari permukaan ke bawah laut, selain juga kemampuan pengawasan yang luas, demikian media China, Selasa.

Fregat 054 yang kemudian dinamai dengan PNS Tughril tersebut dilepas untuk Angkatan Laut Pakistan itu melalui upacara seremonial di galangan CSSC di Shanghai, Senin (08/11/2021).

Dilengkapi dengan sistem peralatan tempur elektronik yang canggih dan modern, kapal fregat bernomor lambung 054A/P tersebut dapat menjalankan sejumlah misi peperangan dalam berbagai situasi.

Ini fregat terbesar dan tercanggih yang pernah China ekspor, kata CSSC dalam pernyataan mereka.

Pengiriman PNS Tughril tersebut menjadi babak baru kemitraan Pakistan-China, kata Duta Besar Pakistan untuk China Mouin ul Haque seperti dilansir Antara, Selasa, (09/11/2021) dikutip dari Global Times.

Direktur CSSC Du Gang yang juga wakil Partai Komunis China (CPC) di galangan tersebut mengaku bangga bisa mengirimkan PNS Tughril tepat waktu.

Baca Juga: China Buat Maket Kapal Perang AS, Diduga untuk Latihan Perang

PNS Tughril, Kapal perang Pakistan buatan China jenis frigat tipe 054 A/P yang diserahkan China kepada Pakistan hari Selasa, 09 November 2021 (Sumber: The Azb Pakistan)

Pakistan yang 90 persen populasinya Muslim merupakan sekutu utama China dan Rusia turut membidani berdirinya pemerintahan baru di Afghanistan. 

Frigat tipe 054A membawa rudal pertahanan udara jarak menengah HQ-16 dan rudal anti-kapal selam dalam sistem peluncuran vertikal (VLS). HQ-16 memiliki jangkauan hingga 50 km, lebih mematikan dari rudal yang dipasang di tipe frigat sebelumnya.

VLS Tipe 054A menggunakan metode peluncuran panas; sistem pembuangan bersama ditempatkan di antara dua baris tabung peluncuran persegi panjang.

Empat sistem senjata jarak dekat (CIWS) AK-630 dari Tipe 054 diganti dengan dua CIWS Tipe 730 pada Tipe 054A. Tipe 730 bersifat otonom memberikan waktu reaksi yang lebih baik terhadap ancaman jarak dekat.

Tipe 054A mempertahankan fitur siluman pendahulunya, termasuk desain lambung yang miring, bahan penyerap radar, dan profil yang bersih.



Sumber : Kompas TV/Antara/CSSC

BERITA LAINNYA



Close Ads x