Kompas TV nasional peristiwa

Bencana Banjir Serbu Beberapa Wilayah Jakarta, Peneliti: Upaya Antisipasi Banjir Minim

Kompas.tv - 8 November 2021, 19:05 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Banjir setinggi 30 centimeter masih menggenangi ruas Jalan Puri Indah Kebon Jeruk Jakarta Barat.

Meski masih bisa dilintasi kendaraan namun tak sedikit kendaraan roda dua yang nekat melintas genangan banjir mengalami mogok mesin.

Para pengendara baik roda dua maupun roda empat terpaksa harus menerobos genangan banjir yang masih melanda ruas Jalan Puri Indah Kebon Jeruk Jakarta Barat.

Para pengendara pun mengaku terganggu, genangan dan banjir yang kerap terjadi ketika hujan deras membuat para pengendara terlambat untuk bekerja.

Guna mengurangi debit air, Petugas Gabungan PPSU dan pemadam kebakaran langsung terjun ke lokasi untuk melakukan penyedotan air dan membuat tanggul sementara dari puluhan karung pasir.

Baca Juga: Usai Hujan Deras, Pintu Air Manggarai Dipenuhi Tumpukkan Sampah

Sementara itu, meski debit air kiriman dari kawasan hulu Sungai Ciliwung berangsur surut, namun Pintu Air Manggarai, Menteng, Jakarta Pusat, kembali dipenuhi sampah kiriman.

Tak tanggung tanggung, material sampah yang datang dan menumpuk totalnya mencapai 316 meter kubik.

Evakuasi pun harus di lakukan sesegera mungkin, mengingat diperkirakan kiriman sampah masih akan tiba di Pintu Air Manggarai hingga sore nanti. 

Tak hanya banjir karena hujan deras. Kawasan Jakarta Utara juga mengalami banjir rob. Luapan pasang air laut atau rob terjadi di Pelabuhan Perikanan Muara Baru Jakarta Utara.

Air laut terlihat tumpah ke jalan di area pelabuhan melewati tanggul. Hal ini mengakibatkan sejumlah jalan di area pelabuhan terendam banjir hingga 50 sentimeter.

Dalam hal ini, peneliti mengatakan bahwa upaya antisipasi banjir oleh Pemerintah Provinsi masih dinilai minim.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x