Kompas TV nasional sapa indonesia pagi

Usai Lepas Jabatan Panglima TNI, Hadi Tjahjanto Diprediksi Gantikan Moeldoko sebagai KSP

Kompas.tv - 8 November 2021, 08:50 WIB
usai-lepas-jabatan-panglima-tni-hadi-tjahjanto-diprediksi-gantikan-moeldoko-sebagai-ksp
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyerahkan potongan kue kepada Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dalam rangka HUT TNI ke 76 di Subden Merdeka Barat Denma Mabes TNI, Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (5/10/2021). (Sumber: (ANTARA/HO-Divisi Humas Polri))
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam waktu dekat akan memasuki masa pensiun.

Kini, Presiden Joko Widodo dan Komisi I DPR resmi memilih Jenderal Andika Perkasa sebagai orang nomor satu di lembaga TNI tersebut. 

Memasuki masa purna tugas, Marsekal Hadi diprediksi akan memiliki jabatan baru dan masuk ke dalam lingkaran Istana.

Baca Juga: Moeldoko Beberkan Tradisi Pergantian Panglima TNI: Darat, Laut, Darat, Udara, Nanti Darat Lagi

Mantan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) itu dinilai akan meramaikan bursa reshuffle kabinet Indonesia Maju untuk menggantikan Kepala Staf Presiden atau KSP Moeldoko. 

"Mungkin juga ada KSP, karena kalau kita lihat spot ini memang disiapkan sebagai suatu lingkaran terdekat Pak Jokowi untuk memberikan rekomendasi strategis terhadap kebijakan penting dalam pemerintahan," kata Peneliti Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Arya Fernandes dalam program Sapa Indonesia Pagi di Kompas TV, Senin (8/11/2021). 

Ia menilai, apabila diploting untuk menggantikan menteri koordinator, posisi itu amat susah untuk tergantikan. Pertama, ada Menko Polhukam Mahfud MD; Menko Perekonomian Airlangga Hartarto; Menko PMK: Muhadjir Effendy; dan Menko Kemaritiman dan Investasi: Luhut B Pandjaitan. 

"Kalau kita lihat di posisi menko saya lihat sudah tidak bisa digeser. Saya kira itu formasi yang sudah cukup pas, agak susah digeser," ujarnya. 

Baca Juga: Pergantian Panglima TNI jadi Momen Reshuffle, Pengamat: Masekal Hadi Tjahjanto Masuk Kabinet

Ia menyebut formasi menko yang kini menjabat itu merupakan komposisi yang sulit tergantikan, karena itu adalah perwakilan dari partai politik atau organisasi masyarakat (Ormas) tertentu. 

"Saya kira itu menjadi representasi dari partai dan ormas-ormas. Kemungkinan dari spot yang lain di luar menko," kata dia.
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x