Kompas TV nasional politik

Di Tangan Jenderal Andika Perkasa, Ketua DPD Berharap TNI Makin Profesional dan Dekat dengan Rakyat

Kompas.tv - 8 November 2021, 06:10 WIB
di-tangan-jenderal-andika-perkasa-ketua-dpd-berharap-tni-makin-profesional-dan-dekat-dengan-rakyat
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti (kiri) saat bertemu KSAD Jenderal Andika Perkasa (kanan) yang tidak lama lagi menjabat Panglima TNI (Sumber: DPD RI)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti, berharap di bawah kepemimpinan Jenderal Andika Perkasa, TNI dapat semakin profesional dan dekat dengan rakyat.

Diketahui, Andika merupakan calon tunggal Panglima TNI yang diusulkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto, yang akan pensiun dalam waktu dekat.

"Kepada TNI, Masyarakat menaruh harapan besar, tidak hanya terkait dengan kedaulatan bangsa tetapi  juga mampu mewujudkan keamanan dan mengatasi berbagai macam konflik yang terjadi," kata La Nyalla, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (7/11/2021).

Panglima baru nantinya, kata La Nyalla, harus dapat memastikan tugas pokok TNI berjalan dengan baik.

Adapun tugas pokok yang dimaksud seperti menegakkan kedaulatan, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI, juga melindungi bangsa ini dari berbagai ancaman.

"Sebagai komponen utama di tengah masyarakat, TNI diharapkan berkontribusi membantu negara untuk menyelesaikan persoalan-persoalan, ancaman dan tantangan ke depan yang akan dihadapi oleh bangsa dan negara," jelasnya.

Lebih lanjut, La Nyalla mengatatakan, yang terpenting TNI harus mampu memainkan peran dalam mengantisipasi berbagai dinamika dan perkembangan geopolitik yang sangat dipengaruhi oleh siber dan teknologi.

"Aspek siber, kemudian intelijen sangat penting di era sekarang," ujarnya. 

Mengingat, kata dia, pada era globalisasi ini ancaman di dunia maya tak kalah besar dibanding di dunia nyata.

Baca Juga: Reaksi Calon Panglima Andika Perkasa Ketika Rumahnya Dikunjungi DPR: Saya Apa Adanya Saja



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x