Kompas TV nasional peristiwa

Usut Tuntas Kecurangan Seleksi CASN, Kemenpan-RB: Sanksi Berat dan Diskualifikasi Siap Diberikan

Kompas.tv - 7 November 2021, 13:36 WIB
usut-tuntas-kecurangan-seleksi-casn-kemenpan-rb-sanksi-berat-dan-diskualifikasi-siap-diberikan
Kemenpan-RB akan memberikan sanksi berat terhadap ASN yang terlibat dan mendorong hingga proses pidananya. Bagi leserta seleksi CASN yang terbukti curang akan didiskualifikasi. (Sumber: Humas Kanwilkumham sulsel)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV — Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo menyatakan pihaknya akan mengusut tuntas peserta dan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terlibat dalam kecurangan seleksi CASN.

Bahkan, sebagaimana disampaikan ulang oleh Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Kemenpan-RB Alex Danni, pihaknya akan memberikan sanksi berat terhadap ASN yang terlibat dan mendorong hingga proses pidananya berjalan.

Bahkan, bagi peserta yang dinyatakan curang otomatis akan didiskualifikasi.

“Kita memang menghadapi kasus kecurangan, tentu kita ingin usut itu dengan secara tuntas bahkan peserta yang terlibat kita diskualifikasi kemudian kalau ada ASN yang terlibat kita akan berikan sanksi terberat dan kalau ada unsur pidananya, kita akan dorong bahwa proses pidananya harus berjalan,” kata Alex dikutip dalam program Sapa Indonesia Akhir Pekan KOMPAS TV, Minggu (7/11/2021).

Baca Juga: Ada Kecurangan di Seleksi CASN, Pengamat: Diduga Ada Unsur Kesengajaan dan Keterlibatan Orang Dalam

Sanksi berat yang akan diberikan kepada ASN yang terlibat karena telah bertentangan, salah satunya dengan Core Value ASN yang telah diluncurkan Presiden Joko Widodo pada 27 Juli 2021.

Kata Alex, Core Value ASN dibuat dalam akronim “Berakhlak”, yang berarti Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Harapannya, Core Value tersebut dapat menjadi budaya kerja seorang ASN. Bahkan, hal tersebut tercermin mulai dari rekrutmen hingga telah diterima menjadi ASN.

“Dan dengan core value yang seharusnya diharapkan kami Kemenpan RB itu betul-betul memastikan sistem manajemen ASN itu diwarnai dengan budaya kerja itu. Mulai dari rekrutmennya kemudian learningnya, talentnya, performancenya jadi itu akan diwarnai oleh core value yang sudah ditetapkan itu,” jelas Alex.

Deputi Bidang SDM ini juga menyebutkan transformasi mengenai manajemen ASN yang fokus pada tiga hal, yakni pertama transformasi struktural, transformasi kultural, dan transformasi digital.

Adapun core value, kata Alex sangat berkaitan dengan transformasi kulturan ASN.

“Inilah yang berangkat dari core value yang telah ditetapkan bapak presiden kemudian kita embed ke dalam manajemen SDM,” pungkasnya.

Baca Juga: Kecurangan Seleksi CASN Diduga Karena Diretas, Ini Penjelasan Kemenpan-RB

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x