Kompas TV advertorial

Bansos Dilanjutkan untuk Dorong Perekonomian Masyarakat dan Bangkitkan UMKM

Minggu, 7 November 2021 | 12:41 WIB
bansos-dilanjutkan-untuk-dorong-perekonomian-masyarakat-dan-bangkitkan-umkm
Dialog Produktif Media Center Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) - KPCPEN, Jumat (5/11/2021). Pemerintah memutuskan untuk melanjutkan program bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat yang membutuhkan, seperti UMKM. (Sumber: Dok. KPCPEN)

Penulis : Elva Rini

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pemerintah melanjutkan program bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat yang membutuhkan, seperti bansos reguler dan bantuan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Penyaluran bansos selama masa pandemi Covid-19 ditujukan sebagai jaring pengaman bagi masyarakat, sekaligus stimulus perekonomian. Evaluasi dan upaya koordinasi selama proses penyaluran juga terus dilakukan agar penyalurannya semakin tepat sasaran.

Direktur Bisnis Mikro PT Bank Rakyat Indonesia (BRI), Supari menyatakan bahwa BRI sebagai mitra pemerintah dalam penyaluran, telah mendistribusikan bansos ke sektor UMKM dan sektor perlindungan sosial dengan penyerapan yang mendekati 100 persen.

Untuk sektor UMKM, telah disalurkan Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) dan tambahan subsidi bunga. Sementara untuk sektor perlindungan sosial, terdapat bansos reguler Program Keluarga.

Harapan (PKH) dan Bansos Sembako, serta Bantuan Sosial Tunai (BST), yang seluruhnya disalurkan dalam di saat pandemi Covid-19. Selain itu, terdapat bantuan KUR (Kredit Usaha Rakyat) untuk mendorong pelaku UMKM dapat mengakses fasilitas pembiayaan secara terjangkau.

Ia menekankan, pihaknya terus mendukung program-program responsif pemerintah. Penyaluran bantuan tersebut, menurut Supari, berdampak pada pemulihan ekonomi nasional dan akan terus diakselerasi sampai terjadi pertumbuhan yang diharapkan pemerintah.

Ia menekankan, pihaknya terus mendukung program-program responsif pemerintah. Penyaluran bantuan tersebut, menurut Supari, berdampak pada pemulihan ekonomi nasional dan akan terus diakselerasi sampai terjadi pertumbuhan yang diharapkan pemerintah.

Untuk perkembangan terkini, Supari menyebutkan, “Situasi Covid-19 sudah terkendali dan mobilitas tinggi, beberapa kredit di BRI sudah mendekati normal seperti saat sebelum Covid.”

Terkait proyeksi 2022, ia menyatakan, “Ekosistem ketahanan terhadap pandemi Covid-19 di negara ini sudah kembali terbentuk. Jika tetap bisa dipertahankan, maka akan alami percepatan recovery.”

Bila semua terakselerasi dengan baik, masyarakat makin disiplin protokol kesehatan, dan momentum baik dapat dipertahankan, Supari memperkirakan recovery (pemulihan) UMKM dapat dipercepat, setidaknya pada semester dua tahun 2022 dapat mendekati situasi sebelum pandemi.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x