Kompas TV nasional peristiwa

DPR Dukung Pangkostrad Dudung Jadi Pengganti Andika Perkasa di KSAD Karena Alasan Ini

Kompas.tv - 7 November 2021, 12:19 WIB
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPAS.TV – Jenderal TNi Andika Perkasa telah mendapat persetujuan dari Komisi I DPR RI, usai membawakan visi misinya jika terpilih menjadi Panglima TNI, pada Jumat (6/11/2021).

Pertanyaan terkait penggantinya di KSAD pun mulai bermunculan dan jadi sorotan publik.

Terkait hal itu, Wakil Ketua DPR Lodewijk Freidrich Paulus mengatakan, sejumlah kriteria sosok yang lazimnya akan mengisi posisi KSAD.

“Seluruh perwira bintang 3 itu punya kesempatan yang sama dipromosikan Ksad kalo Bintang 3 kita jaminlah kualitasnya brapa lama lagi yang bersangkutan pensiun tentaunya angkatan darat berpikir itu berpeluang jadi panglima ya ikut bersaing ada panglima TNI baru kan,“ujar Lodewyk Paulus, Anggota DPR RI Fraksi Golkar.

Baca Juga: Letjen Dudung Digadang-gadang Gantikan Jend. Andika sebagai KSAD, Mungkinkah? - ROSI

Lebih lanjut dikarenakan situasi dan dinamika politik saat ini cukup cepat Anggota DPR RI Fraksi PDIP Effendi Simbolon menilai Pangkostrad Letjen Dudung cocok menjabat sebagai KSAD.

“Kalau saya melihat kesempatan sekarang kepada Letjen Dudung karena situasi melihat situasi kebutuhan TNI AD lebih condong nanti Dudung yang KSAD,”ujar Effendi.

Meski nantinya posisi Ksad akan ditentukan Presiden, berdasarkan UU TNI, calon kepala staf angkatan, termasuk KSAD, diusulkan oleh Panglima TNI untuk ditetapkan oleh Presiden.

Video Editor: Faqih



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.