Kompas TV nasional politik

Profil Tiga Kandidat Kuat Pengganti Jenderal Andika Perkasa sebagai KSAD

Sabtu, 6 November 2021 | 23:30 WIB
profil-tiga-kandidat-kuat-pengganti-jenderal-andika-perkasa-sebagai-ksad
KSAD Jenderal Andika Perkasa jalani fit and proper test sebagai calon Panglima TNI di DPR. (Sumber: Tangkapan layar breaking news Kompas TV)

Penulis : Hariyanto Kurniawan | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jenderal Andika Perkasa hampir dipastikan akan menjadi Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto.

Andika akan meninggalkan jabatan lamanya sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Lalu siapakah yang akan mengisi jabatan KSAD selanjutnya sepeninggal Jenderal Andika Perkasa?

Dari belasan jenderal bintang tiga di TNI Angkatan Darat, terdapat tiga nama yang disebut-sebut sebagai kandidat terkuat untuk memimpin matra darat.

Ketiganya yakni, Letjen Dudung Abdurachman yang saat ini menjabat Panglima Komando Cadangan Strategis (Pangkostrad). Kemudian Letjen Eko Margiyono yang sedang menjabat Kepala Staf Umum (Kasum) TNI. Terakhir Letjen Bakti Agus Fadjari, kini menjabat Wakil KSAD.

Baca Juga: DPR Setujui Jenderal Andika Perkasa jadi Panglima TNI, Ini 8 Program Kerja yang Dipaparkan

Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Golkar Lodewijk Freidrich Paulus menjamin ketiga kandidat merupakan sosok yang berkualitas.

Namun Lodewijk enggan menyebut siapa yang lebih berpeluang untuk menjadi KSAD menggantikan Jenderal Andika Perkasa.

"Seluruh perwira bintang tiga punya kesempatan yang sama dipromosikan (sebagai) KSAD. Kalau bintang tiga kita jamin lah kualitasnya," kata mantan perwira tinggi militer dengan pangkat terakhir Letjen ini, kepada reporter KompasTV Jonah Hamonangan di Gedung DPR RI, Jakarta, Sabtu (6/11/2021).

Sementara, anggota Komisi I DPR dari Fraksi PDIP Effendi Simbolon mendukung Pangdam Jaya Letjen Dudung Abdurachman sebagi KSAD selanjutnya.

"Kalau saya melihat kesempatan sekarang kepada Letjen Dudung, karena melihat kebutuhan TNI AD, lebih condong Dudung yang KSAD," ujarnya saat ditemui tim liputan KompasTV di DPR RI.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x