Kompas TV video sinau

Ternyata Ini lho! Asal-usul Kata Segede Gaban

Kompas.tv - 6 November 2021, 19:26 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Ketika berkumpul bersama rekan kerja, sahabat, keluarga,  atau dalam percakapan menggunakan pesan singkat dan  atau  dalam percakapan sehari-hari sering kita mengucpkan kata “segede gaban”. Contohnya,’’kemarin gue liat semut segede gaban!’’ atau,”sakit banget nih, benjol segede gaban!” Mari kita cari tahu bagaimana asal-usulnya.

Sebelum memahami bagaimana kata ‘’segede Gaban’’ berawal, kita ketahui dulu siapa sebenarnya si Gaban ini?

Kata ‘’segede Gaban’’ untuk mengungkapkan sesuatu yang sangat besar. Apa itu Gaban? Gaban adalah  robot superhero dengan kostum berwarna silver dan memiliki senjata canggih. Tapi, sebenarnya namanya adalah Gavan, lama-lama dilafalkan jadi Gaban. Space Sheriff Gavan adalah  tokoh superhero asal Jepang yang mengenakan kostum silver dan dilengkapi dengan peralatan canggih. Tokoh ini cukup terkenal di Indonesia pada tahun 80-an dan banyak digemari anak kecil pada waktu itu.

Segede gaban populer di tahun 90-an, melansir berbagai sumber, bermula dari robot Gaban yang ada di dunia fantasi atau dufan.Ukuran   tingginya kurang lebih 10 meter. Karena ukuran robot Gaban  yang besar, maka  kata gaban digunakan untuk merujuk sesuatu yang besar. Saat ini robotnya sudah tidak ada, tapi kata gaban masih digunakan sampai sekarang. 

Baca Juga: Serba-serbi Rupiah Unik, Uang Kuno yang Bisa Melengkung, Koin Sawit Ratusan Juta, dan Soeharto

Grafis: Agus Eko Apriyanto



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x