Kompas TV video sinau

Jangan Sembarangan Sebar Foto atau Video Sebuah kejadian, Kenapa?

Kompas.tv - 6 November 2021, 18:35 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV-Pada era informasi yang serba cepat ini kita perlu tahu, tidak semua foto/video bisa dibagikan dengan bebas. Pengguna media sosial, baiknya menyaring informasi yang diterima. Supaya peredaran informasi di sosial media lebih baik. Karena tidak semua foto/video dapat kita bagikan dengan bebas.

Mengutip Kompas.com berikut adalah kondisi yang sebaiknya tidak kita unggah ke media sosial:

1.Kecelakaan

Sebuah peristiwa kecelakaan di darat, laut dan udara tentu mengejutkan dan menarik perhatian  banyak  orang. Menyebarluaskan foto korban peristiwa kecelakaan. Membuat keluarga korban makin terpuruk.

2.Korban Kekerasan

Dalam sebuah grup percakapan, sering diserbar foto korban kekerasan, sebagai peringatan dari pengunggah, supaya orang lain lebih berhati-hati menjaga anggota keluarganya. Jika ingin mengimbau masyarakat untuk berhati-hati, cukup dengan pesan saja, tidak perlu menyertakan foto.

3.Foto Jenazah

Setiap orang layak mendapatkan privasi, bahkan ketika sudah meninggal. Dikenal sebagai post-mortem privacy. Jika memang bertujuan untuk mengenang atau menyebar kabar duka, cukup mengunggah foto mendiang saat masih hidup.

Baca Juga: Netizen, Keluarga Vanessa Angel Minta Foto Kecelakaan Tak Disebar: Hormati Kami yang Berduka ...

https://www.kompas.tv/article/228768/netizen-keluarga-vanessa-angel-minta-foto-kecelakaan-tak-disebar-hormati-kami-yang-berduka 

Grafis: Joshua Victor



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.