Kompas TV internasional kompas dunia

Kerumunan Massa Merangsek di Festival Musik Astroworld di Houston, Texas, Sedikitnya 8 Tewas

Kompas.tv - 6 November 2021, 16:42 WIB
kerumunan-massa-merangsek-di-festival-musik-astroworld-di-houston-texas-sedikitnya-8-tewas
Sedikitnya 8 orang tewas dan beberapa lainnya terluka saat konser musik Astroworld di Houston, Texas, Jumat, 5 November 2021. Para pejabat mengangkut 17 orang ke rumah sakit, termasuk 11 orang yang mengalami serangan jantung, kata Peña. Banyak orang juga dirawat di tempat kejadian di NRG Park (Sumber: AP Photo/Amy Harris/Invision)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

HOUSTON, KOMPAS.TV - Sedikitnya delapan orang tewas dan beberapa lainnya terluka dalam kerumunan massa di Festival Musik Astroworld, seperti dikatakan pejabat di Texas yang dilansir Associated Press, Sabtu (5/11/2021).

Pengunjung konser musik itu merangsek panggung, menyebabkan kepadatan dan tumpang tindih tepat setelah jam 9 malam hari Jumat (5/11/2021) saat rapper Travis Scott tampil, kata Kepala Pemadam Kebakaran Houston Samuel Peña kepada wartawan pada konferensi pers.

"Kerumunan mulai memadat ke arah depan panggung, dan itu menyebabkan kepanikan, dan mulai menyebabkan beberapa orang terluka," kata kepala pemadam kebakaran. "Orang-orang mulai jatuh, menjadi tidak sadar, dan itu menciptakan kepanikan tambahan."

Pertunjukan itu dibatalkan tak lama setelah beberapa orang mulai menderita luka-luka.

Petugas medis mengangkut 17 orang ke rumah sakit, termasuk 11 orang yang mengalami serangan jantung, kata Peña. Banyak orang juga dirawat di tempat kejadian di NRG Park, di mana sebuah rumah sakit lapangan telah didirikan.

Sekitar 50.000 orang hadir di festival tersebut, kata Peña.

Kepala pemadam kebakaran Houston itu menambahkan, para petugas tidak bisa segera mengetahui penyebab kematian delapan orang yang meninggal. Korban tewas belum teridentifikasi hingga Sabtu dini hari dan aparat akan menyelidiki penyebab kematian delapan orang pengunjung konser tersebut.

Para pejabat mendirikan pos darurat di sebuah hotel untuk anggota keluarga yang tidak dapat menjangkau kerabat mereka yang hadir di festival tersebut.

Baca Juga: Ahmad Albar Temui Rhoma Irama, Mau Reuni Konser Godbless dan Soneta?

Sedikitnya delapan orang tewas dan beberapa lainnya terluka saat konser musik Astroworld di Houston, Texas, Jumat, 5 November 2021. Para pejabat mengangkut 17 orang ke rumah sakit, termasuk 11 orang yang mengalami serangan jantung, kata Peña. Banyak orang juga dirawat di tempat kejadian di NRG Park (Sumber: AP Photo/Amy Harris/Invision)

Astroworld adalah festival musik dua hari yang dijadwalkan berlangsung Jumat dan Sabtu di Houston. Tiket acara tersebut terjual habis, menurut situs web Astroworld.

Promotor acara mengatur agar unit medis berada di lokasi festival. Namun begitu kerumunan dimulai, unit-unit itu "segera kewalahan," kata Peña.

Rekaman dari taman NRG yang beredar di media sosial menunjukkan sejumlah orang menyerbu gerbang dengan keamanan di gerbang yang tidak dapat menahan arus.

Beberapa orang terlihat jatuh, merubuhkan detektor logam di pintu masuk arena tetapi tidak jelas apakah insiden itu terkait dengan kematian.

Namun, pihak berwenang mengatakan, lebih dari 300 orang terluka sepanjang hari di acara tersebut, termasuk mereka yang mengalami lecet dan memar.

Astroworld adalah festival musik yang dibuat oleh Travis Scott dan diluncurkan pada 2018.

Rapper berusia 29 tahun, yang memiliki anak dengan sosialita selebriti Kylie Jenner, membuat terobosan pada tahun 2013 dan telah memiliki enam nominasi Grammy.

Musisi lain yang dijadwalkan untuk bermain di festival tersebut selama akhir pekan termasuk rapper Chief Keef dan 21 Savage, serta artis rock Australia Tame Impala.

Selama pertunjukan utama Travis Scott Jumat malam, dia ngerap di atas panggung bersama superstar rap Kanada Drake.



Sumber : Associated Press/France24


BERITA LAINNYA



Close Ads x