Kompas TV nasional sapa indonesia pagi

Kecelakaan di Jalan Tol, Pakar Sebut Jalanan Tak Bermasalah dan Perlu Edukasi untuk Pengemudi

Kompas.tv - 6 November 2021, 09:51 WIB
kecelakaan-di-jalan-tol-pakar-sebut-jalanan-tak-bermasalah-dan-perlu-edukasi-untuk-pengemudi
Terjadinya sejumlah kecelakaan di jalan tol bukan disebabkan oleh jalanan yang bermasalah. Sebab, sebelum beroperasi, jalan tol harus memenuhi uji kelaikan. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Terjadinya sejumlah kecelakaan di jalan tol bukan disebabkan oleh jalanan yang bermasalah. Sebab, sebelum beroperasi, jalan tol harus memenuhi uji kelaikan.

Penjelasan itu disampaikan oleh Prof Agus Taufik Mulyono, Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) dalam Sapa Indonesia Akhir Pekan Kompas TV, Sabtu (6/11/2021).

Menurutnya, jalan tol sebagai jalan bebas hambatan berdasarkan fungsinya adalah arteri primer, sehingga memang didesain untuk dilalui kendaraan dengan kecepatan minimal 80 kilometer per jam, dan maksimal 100 km per jam.

“Jalan tol itu sebelum dioperasikan untuk melayani publik, dia harus memenuhi dua kelaikan. Pertama, kelaikan fungsi jalan. Kedua, kelaikan operasi jalan,” jelasnya.

Kelaikan fungsi jalan, kata Agus, harus memastikan bahwa komponen-komponen, subkomponen bangunan jalan itu sudah memenuhi standar, baik standar teknis maupun standar mutu.

Sedangkan kelaikan operasi, harus memenuhi kelaikan untuk dioperasikan melayani kepentingan umum, dalam arti standar pelayanan minimal.

Artinya, lanjut dia, jika kedua berita acara ini belum clear, tidak bisa digunakan untuk melayani kepentingan umum.

“Inilah satu kaidah yang diatur dalam undang-undang jalan. Jadi dua ini sudah dipenuhi sebenarnya untuk jalan tol, artinya bahwa sudah dipertimbangkan jaminan keselamatan dan sudah dipertimbangkan jaminan pelayanan yang optimal bagi pengguna,” tutur Agus.

Dia juga mengatakan lebih cenderung menggunakan istilah tabrakan di jalan tol, bukan kecelakaan. Sebab ada upaya-upaya untuk menghindari, ada upaya-upaya untuk mengurangi, dalam kejadian tabrakan.

Baca Juga: IG Story Sopir Vanessa Angel Jadi Bahan Penyelidikan, Polisi: Harus Sesuai Prosedur

“Kalau kecelakaan itu nasib.”

“Menurut saya, jalan tolnya nggak ada apa-apa, tidak ada masalah jalan tol itu,” imbuhnya.

Dia menegaskan, jalan tol tidak bermasalah, hanya perlu ada edukasi publik. Ia juga menyoroti tentang ketidakpatuhan pengendara terhadap aturan-aturan berkendara di jalan tol.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x