Kompas TV entertainment selebriti

Soal Sopir Vanessa Angel, Roy Suryo: Kecepatan Setinggi Itu, Wajarkah Mengantuk?

Kompas.tv - 6 November 2021, 08:53 WIB
soal-sopir-vanessa-angel-roy-suryo-kecepatan-setinggi-itu-wajarkah-mengantuk
Pakar telematika Roy Suryo di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (24/1/2020). Roy Suryo ragukan alasan ngantuk sopir Vanessa Angel, Tubagus Joddy. (Sumber: (KOMPAS.COM/ RINDI NURIS VELAROSDELA))
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pakar Telematika dan Informastika Roy Suryo mengaku ragu dengan alibi sopir Vanessa Angel, Tubagus Joddy, yang mengantuk saat sedang membawa mobil tersebut sebelum terjadinya kecelakaan.

Seperti diketahui, kepada polisi Tubagus Joddy mengaku mengantuk hingga membanting setir ke kiri dan menabrak beton pembatas jalan.

Sebelum kecelakaan terjadi, Tubagus Joddy sempat mengunggah video di Instagram Story (Instastory) yang merekam momen saat mobil dipacu dalam kecepatan tinggi.

Baca Juga: Roy Suryo Bongkar Analisis Instastory Sopir Vannesa Angel, Segini Kecepatan Mobil sebelum Kecelakaan

Instastory tersebut langsung dihapus oleh yang bersangkutan, namun beberapa netizen berhasil merekamnya.

Akun Instagram Tubagus Joddy lantas diserang netizen yang memintanya untuk bertanggungjawab.

Roy Suryo mengaku sudah menganalisa video Instastory sopir Vanessa Angel dan membeberkan perkiraan kecepatan mobil sebelum kecelakaan terjadi.

“Instastory ini dibuat di KM 555.117, sebelum kecelakaan sekitar jam 11.52. bila kecelakaan terjadi di jam 12.36, artinya kecepatan Pajero kurang lebih 159 km/jam,” jelas Roy Suryo, dikutip dari Wartakota, Sabtu (6/11/2021).

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) ini bahkan menjelaskan kemungkinan Tubagus Joddy memacu mobil hingga 200 km/jam.

“Kecepatan 159 km/jam itu rata-rata dalam 44 km, artinya bisa jadi sesekali kecepatan jauh lebih cepat dari itu, sekitar 180 km/jam atau bahkan lebih, sampai 200 km/jam,” ungkapnya.

Baca Juga: Sopir Vanessa Angel Sudah Jalani Tes Urine, Polisi akan Lanjut Interogasi

Dengan data kecepatan tersebut, Roy Suryo secara tegas meragukan alasan sopir Vanessa Angel ngantuk.

Menurutnya, pengakuran tersebut tidak sinkron dengan yang terjadi di lapangan. Roy Suryo menduga bahwa ketidaksinkronan ini yang membuat Tubagus buru-buru menghapus Instastory.

“Makanya dihapus oleh yang bersangkutan (Instastory). Dengan kecepatan setinggi itu, wajarkah yang bersangkutan mengantuk?”

“Sebab mengantuk biasanya melambat kecepatannya. Mungkin lebih tepat yang bersangkutan fatiq atau lelah, atau bahkan main HP,” tegas Roy.

Baca Juga: Ramai Soal Microsleep Usai Kecelakaan Vanessa Angel, Apa Bahayanya?

Sementara itu, polisi mengatakan bahwa Instastory sopir Vanessa Angel bisa menjadi salah satu barang bukti.

Polisi juga sudah melakukan pemeriksaan terhadap Tubagus Joddy tadi malam, Jumat (5/11).



Sumber : Wartakota

BERITA LAINNYA



Close Ads x