Kompas TV olahraga kompas sport

Resmi, PSSI Larang Wasit Musthofa Pimpin Pertandingan

Kompas.tv - 5 November 2021, 13:15 WIB
resmi-pssi-larang-wasit-musthofa-pimpin-pertandingan
Wasit Musthofa Umarella saat memimpin Persebaya Surabaya melawan Persela Lamongan pada pekan ke-8 Liga 1 2021 yang berakhir dengan skor 1-1 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Kamis (21/10/2021) malam. (Sumber: Kompas.com/Suci Rahayu)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - PSSI resmi menghukum wasit Musthofa Umarella dengan larangan memimpin pertandingan di Liga 1 dan Liga 2 2021.

Musthofa dinilai melakukan kesalahan dalam mengambil keputusan di laga Persebaya Surabaya versus Persela Lamongan.

Pada pertandingan yang terlaksana di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta pada Kamis, 21 Oktober 2021, setidaknya Mustofa membuat dua keputusan yang kontroversial.

Pertama, tak disahkannya gol striker Persebaya, Jose Wilkson pada menit ke-33. Menurut wasit, hasil sepakan bebas Jose belum melewati garis gawang.

Momen kedua adalah saat pemain Persela, Ivan Carlos, mencetak gol di menit ke-34. Dari tayangan ulang, Ivan dalam posisi offside sebelum mencetak gol.

Bahkan seusai pertandingan, Ivan dengan terang-terangan mengakui bahwa posisinya offside.

Baca Juga: Terjadi di Liga 3, Leher Pemain PPSM Diinjak, Wasit Hanya Berikan Kartu Kuning

"Saya kembali berbicara, wasit di Indonesia banya melakukan kesalahan di setiap pertandingan. Ya saya dalam posisi offside, tapi itu salah wasit," kata Ivan dikutip dari BolaSport, Jumat (5/11).

Akibat kesalahan yang dilakukan, Musthofa akhirnya diberi hukuman oleh Komite Wasit PSSI.

Sementara itu, dikutip dari Kompas.com, Ketua Komite Wasit PSSI Ahmad Riyadh menjelaskan bahwa Musthofa akan diistirahatkan.

Musthofa dilarang memimpin pertandingan di Liga 1 dan Liga 2 2021 untuk sementara waktu.

"Wasit Musthofa akan kita istirahatkan, tidak boleh memimpin pertandingan Liga 1 maupun Liga 2. Ada kesalahan mendasar saat ia memimpin, karena itu kita parkir dulu," kata Ahmad Riyadh.

Namun, Ahmad Riyadh belum bisa memberikan informasi terkait berapa lama Musthofa dilarang memimpin pertandingan.

"Semua sudah kita pelajari, dan keputusannya seperti itu. Mohon maaf saya tidak bisa mengumumkan detailnya, berapa lama wasit ini harus istirahat, yang pasti keputusan sudah kita ambil," ucapnya.

Baca Juga: Soal Dugaan Pengaturan Skor Perserang, Bung Kus: Publik Bisa Tak Percaya Wasit Lagi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x