Kompas TV regional berita daerah

Perbaiki Jalan 1000 Kilometer, Bupati Jember Ajak Masyarakat Ikut Merawat Jalan (3)

Kompas.tv - 4 November 2021, 07:22 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Bupati Jember Jawa Timur, Hendy Siswanto mengajak masyarakat untuk ikut merawat jalan. Hal itu penting dilakukan agar uang negara yang bersumber dari uang rakyat tidak habis hanya buat memperbaiki jalan rusak.

Hal itu disampaikan Bupati Jember, Hendy Siswanto saat menjadi narasumber pada program talkhsow Sapa Jember di KompasTV Jember, pada Kamis (04/11/2021).

Menurut Hendy Siswanto, keterlibatan masyarakat dalam merawat jalan sangat penting. Karena harus ada kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat dalam merawat infrastruktur. Jika tidak ada kolaborasi, maka apa yang dibangun oleh pemerintah akan cepat rusak.

Baca Juga: Perbaiki Jalan 1000 Kilometer, Bupati Jember: Jalan Urat Nadi Perekonomian Warga (1)

Bupati Jember juga meminta Kepala Desa, Camat dan teman-teman dewan di DPRD untuk ikut aktif mengedukasi masyarakat tentang jalan. Masyarakat perlu diberikan pemahaman tentang  kelas-kelas jalan, bagaimana cara menggunakannya dan bagaimana cara memanfaatknya agar tidak cepat rusak.

“Kepala Desa, Camat dan teman-teman Dewan (perlu) menyampaikan kepada warga, pak jalan ini kelas dua, ini kelas satu, tingkat kekuatan jalan itu ada kelasnya, tapi kalau kelas jalan itu dilanggar dengan angkutan transportasi, seperti truk overload, meskipun mutunya bagus, akan rusak juga,” terang Hendy Siswanto.

Baca Juga: Perbaiki Jalan 1000 KM, Bupati Jember Ancam Tak Bayar Kontraktor yang Aspalnya Jelek (2)

Hendy menambahkan bahwa aspal memiliki elastisitas, saat memasuki pukul 10.00 – 13.00 WIB, elastisitas aspal mulai bergerak karena terkena panas. Jika dilewati angkutan berat, akan membuat aspal retak dan lama kelamaan akan menjadi coakan atau lubang. Di saat hujan turun, maka akan menjadi kantong air yang mempercepat kerusakan aspal.

“Kekuatan maksimal jalan 3 tahun, setelah 3 tahun (perlu) maintanence lagi, tapi kalau tidak terpelihara, tidak terjaga dengan baik, tidak sama – sama menjaga dan mengedukasi, maka setahun rusak lagi. Kita (pemerintah) harus memperbaiki lagi, uang negara masuk (dipakai) lagi, uang rakyat dari pajak digunakan lagi untuk perbaikan,” terang Hendy Siswanto.

Bupati Jember kembali menekankan pentingnya kolaborasi, antara eksekutif yang berada di bagian perawatan jalan, dengan teman-teman Dewan atau DPRD dan juga masyarakat. Kolaborasi yang kuat akan membuat pembangunan infrastruktur berjalan dengan baik.

 

#PerbaikanJalan #PerawatanJalan #BupatiJember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x