Kompas TV nasional hukum

Aipda PDH Minta Sekarung Bawang, Dirlantas Polda: Saya Minta Maaf Anggota Kami Lukai Hati Masyarakat

Kompas.tv - 3 November 2021, 21:40 WIB
aipda-pdh-minta-sekarung-bawang-dirlantas-polda-saya-minta-maaf-anggota-kami-lukai-hati-masyarakat
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo. (Sumber: ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyampaikan permintaan maaf atas sikap anggotanya Aipda PDH yang  meminta uang damai ketika melakukan penilangan.

Tak dapat uang,  kemudian diketahui anggota Satlantas Polres Bandara Soekarno-Hatta berinisial Aipda PDH kedapatan meminta satu karung bawang saat menilang sopir truk di kawasan Tangerang, Banten.

Baca Juga: Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran Geram Anggota Polisi Minta Satu Karung Bawang: Blender!

"Atas nama Dirlantas Polda Metro Jaya, saya meminta maaf apabila masih ada perilaku anggota kami yang melukai hati masyarakat," kata Sambodo dalam konferensi persnya yang disiarkan di Youtube Polda Metro Jaya pada Rabu (3/11/2021).

Terkait kasus tersebut, Sambodo menegaskan, masyarakat bisa melaporkan anggota polantas nakal yang masih meminta "uang damai" ketika melakukan penilangan.

"Silakan laporkan apabila masih ada anggota saya yang masih melakukan hal-hal yang tercela," ujar Sambodo.

Sementara itu, Polda Metro Jaya telah mencopot anggota polisi lalu lintas atau Polantas yang meminta sekarung bawang saat menilang sopir truk di kawasan Tangerang, Banten, tersebut.

Baca Juga: Instruksi Kapolda Metro, Polantas yang Minta Sekarung Bawang Resmi Dicopot dan Terancam Ditahan

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan peristiwa penilangan yang berujung pada permintaan sekarung bawang oleh Aipda PDH itu terjadi pada Senin (1/11/2021) sekitar pukul 17.30 WIB.

Saat itu, kata Yusri, Aipda PDH tengah berdinas resmi di wilayah kerjanya di Jalan P2 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Ketika tengah berpatroli, Aipda PDH melihat ada sebuah truk berpelat nomor BG. Ia pun kemudian memberhentikan truk tersebut untuk diperiksa kelengkapan surat-suratnya.

Dari hasil pemeriksaan itulah, Yusri mengatakan, pengemudi truk berpelat BG itu memang kedapatan tidak membawa surat-surat.

Baca Juga: Anggota Polantas Minta Bawang Satu Karung saat Tilang Truk, Dirlantas Polda Metro Bereaksi Keras

Lantas, alih-alih memberikan sanksi tilang, kata Yusri, Aipda PDH malah meminta satu karung bawang putih sebagai bentuk sanksinya.

"Pelanggaran yang dilakukan sopir ini tidak dilakukan penilangan, tetapi ditukar dengan satu karung bawang putih," kata Kombes Yusri Yunus di Jakarta, Selasa (2/11/2021).

Akibat perbuatannya, Yusri menuturkan keanggotaan Aipda PDH dari Polantas Polres Bandara Soekarno-Hatta langsung dicabut.

Saat ini, kata Yusri, Aipda PDH telah dipindahtugaskan ke Polda Metro Jaya sebagai Bintara Yanma. Hal itu dilakukan untuk mempermudah proses pemeriksaan oleh Propam Polda Metro Jaya.

Baca Juga: Polantas yang Minta Sekarung Bawang Saat Tilang Truk Ternyata Anggota Polres Bandara Soekarno-Hatta

"Yang bersangkutan sudah dilakukan pemeriksaan oleh Propam Polda Metro Jaya, langsung dicabut, ditarik, ditugaskan ke Bintara Yanma Polda Metro Jaya dalam rangka pemeriksaan," tutur Yusri.

Yusri menjelaskan, pencopotan Aipda PDH dari anggota Satlantas Polres Bandara Soekarno-Hatta merupakan arahan dari Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x