Kompas TV nasional wawancara

Jokowi Tunjuk Jendral Andika Jadi Calon Panglima TNI, Siapa yang Akan Jadi KSAD?

Rabu, 3 November 2021 | 21:18 WIB

Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Partai Gerindra menghormati keputusan Presiden Joko Widodo yang menunjuk Jenderal Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI menggatikan Marsekal Hadi Tjahjanto.

Ketua Fraksi Partai Gerindra di DPR Ahmad Muzani menyebut, jika keputusan Jokowi menunjuk Jenderal Andika Perkasa sebagai calon panglima TNI adalah hak prerogatif presiden.

Gerindra akan mendukung keputusan presiden saat melakukan uji kelayakan dan kepatutan kepada jenderal andika perkasa sebagai calon panglima TNI nantinya.

Baca Juga: Soal Calon Panglima TNI, Gerindra: Menghormati Apa yang Menjadi Hak Prerogatif Presiden

Muzani menyebut, penunjukan calon panglima TNI dari angkatan darat sepenuhnya menjadi kewenangan presiden dengan sejumlah pertimbangan.

Setelah Presiden Joko Widodo memilih jenderal andika perkasa sebagai calon Panglima TNI kini bursa calon Kepala Staf Angkatan Darat juga menjadi menarik.

Calon Kepala Staf Angkatan Darat biasanya perwira aktif TNI Angkatan Darat yang memiliki pangkat jenderal bintang tiga atau letjen.

Saat ini setidaknya ada 17 orang jenderal bintang tiga yang aktif di TNI Angkatan Darat dan bertugas di mabes TNI ataupun TNI AD.

Pengamat yang juga direktur Indonesia Intelligence Institute Ridlwan Habib menyarankan, jika sosok yang menggantikan andika perkasa sebagai KSAD adalah jenderal bintang tiga angkatan 1986 hingga 1987.


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x