Kompas TV nasional politik

Jenderal Andika Jadi Calon Panglima TNI, Anggota Komisi I: Selesaikan Konflik Papua

Kompas.tv - 3 November 2021, 16:59 WIB
jenderal-andika-jadi-calon-panglima-tni-anggota-komisi-i-selesaikan-konflik-papua
Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa meminta informasi dari masyarakat terkait penyerangan Ciracas. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Anggota Komisi I DPR RI Syarief Hasan menyambut baik dipilihnya Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa menjadi calon Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto. 

Politikus Partai Demokrat itu mengimbau agar menantu dari Hendropriyono itu bisa menyelesaikan konflik yang terjadi di Papua dengan Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB, karena kian meresahkan masyarakat sipil. 

"Tantangan yang paling di depan itu selesaikan Papua itu. KKB itu. Itu yang paling utama," kata Syarief kepada wartawan, Rabu (3/11/2021). 

Baca Juga: Ternyata Ini 4 Alasan Jokowi Pilih Jenderal Andika jadi Calon Panglima TNI

Selain itu, adalah memastikan kemananan stabilitas negara jelang berlangsungnya agenda Pemilu dan Pilkada serentak 2024 mendatang. 

"Kemudian persiapan pemilu dan pilkada. Dalam bentuk bentuk pengamanan. Dan yang terakhir alutsista. Tiga hal itu yang paling utama," ujarnya. 

Tak hanya itu, dirinya juga menuntut agar Jenderal Andika mampu memperbaiki kualitas sumber daya manusia (SDM) prajurit.

"Saya yakin dia bisa karena dia berhasil di angkatan darat," katanya. 

Baca Juga: Jadi Calon Tunggal Panglima TNI, Andika Perkasa Punya Harta Rp 179 Miliar

Sebelumnya, Jenderal Andika Perkasa dipilih Presiden Jokowi menjadi calon Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto. Hal ini diketahui setelah Mensesneg Pratikno mengirim surat presiden (surpres) ke DPR RI. 

"Karena itu pada hari ini melakui mensesneg presiden telah menyampikan surpres mengenai calon Panglima TNI kepada DPR atas nama Jendral Andika Perkasa," kata Ketua DPR RI Puan Maharani di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (3/11/2021). 
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x