Kompas TV regional wisata

Kurang Pengembangan, Infrastruktur Objek Wisata Tangkahan dan Bukit Lawang Sumut Bakal Diperbaiki

Kompas.tv - 3 November 2021, 14:32 WIB
kurang-pengembangan-infrastruktur-objek-wisata-tangkahan-dan-bukit-lawang-sumut-bakal-diperbaiki
Bukit Lawang, Kabupaten Langkat. (Sumber: pariwisatasumut.net)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Purwanto

MEDAN, KOMPAS.TV Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) bersiap mengembangkan objek wisata Tangkahan dan Bukit Lawang, Kabupaten Langkat. Hal ini dilakukan agar semakin menarik minat wisatawan domestik maupun mancanegara.

Pengembangan tersebut meliputi aspek seperti meningkatkan infrastruktur jalan, ekonomi kreatif, koneksi internet, dan menyediakan fasilitas layanan transaksi perbankan dan lainnya di Tangkahan dan Bukit Lawang.

Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah mengatakn, rencana kerja pengembangan objek wisata di Langkat itu sudah ada sejak awal 2021. Namun belum terwujud karena anggaran APBD Sumut difokuskan untuk bidang kesehatan karena ada pandemi Covid-19.

"Gubernur dan saya sudah sepakat untuk ke depannya fokus pada pemulihan ekonomi seperti di sektor pariwisata," katanya di Medan, Rabu (3/11/2021), dikutip dari Antara.

Musa Rajekshah megatakan, Bukit Lawang dan Tangkahan sudah menjadi daerah wisata unggulan Sumut. Meski sudah dikenal, termasuk oleh wisatawan mancanegara, penanganannya dinilai belum maksimal.

Baca Juga: Wisata Healing Forest di Tahura Wan Abdul Rachman Lampung Resmi Dibuka

Atraksi di kedua objek wisata itu misalnya masih sangat terbatas, termasuk masih terbatasnya infrastruktur di kedua objek wisata yang dikenal dengan sungai dan orangutan.

"Bukit Lawang dan Tangkahan harus bisa meniru banyaknya atraksi di kawasan wisata Borobudur, Gunung Kidul hingga Gunung Merapi sehingga wisatawan tidak bosan," katanya.

Untuk itu, rencana pembangunan kawasan wisata Tangkahan dan Bukit Lawang itu merupakan salah satu wujud komitmen Pemprov Sumut untuk membangun desa menata kota.

Adapun, Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin-angin mengapresiasi program Pemprov Sumut yang berencana membangun Bukit Lawang dan Tangkahan.

"Selain infrastruktur dan fasilitas lainnya, objek wisata Tangkahan dan Bukit Lawang itu juga perlu membenahi sumber daya manusianya agar tingkat kesadaran wisatanya semakin tinggi," katanya.

Dia mengakui saat Pemkab Langkat masih menutup lokasi wisata Tangkahan dan Bukit Lawang karena Langkat masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.