Kompas TV nasional berita utama

Siap Amankan Fit and Proper Test Panglima TNI, Gerindra Minta Ini ke Andika Perkasa untuk Prabowo

Kompas.tv - 3 November 2021, 14:29 WIB
siap-amankan-fit-and-proper-test-panglima-tni-gerindra-minta-ini-ke-andika-perkasa-untuk-prabowo
Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas.tv)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Fraksi Partai Gerindra menyatakan siap mengamankan jalannya fit and proper test untuk meloloskan Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI.

Sebab, Prabowo Subianto yang menjabat Menteri Pertahanan tidak memiliki masalah untuk bekerja sama dengan Jenderal Andika Perkasa.

Pernyataan itu disampaikan oleh Ketua Fraksi Partai Gerindra Ahmad Muzani dalam keterangannya di DPR, Rabu (3/11/2021).

“Gerindra akan mengamankan setiap nama yang ditunjuk oleh presiden yang diajukan sebagai calon Panglima TNI,” kata Muzani.

Partai Gerindra berharap jika Jenderal Andika Perkasa terpilih sebagai Panglima TNI bisa bekerjasama dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Baca Juga: Andika Perkasa Diusulkan Jadi Panglima TNI, Ini Daftar Pertanyaan Fit and Proper Testnya

“Siapa pun calon yang diajukan presiden kami harap akan memperkuat sistim pertahanan Republik Indonesia bersama-sama Menteri Pertahanan,” kata Muzani.

Lebih lanjut, Muzani mengatakan tidak ingin mencampuri prerogatif presiden dalam menentukan nama calon panglima.

Sebagai bagian dalam barisan koalisi, Muzani menuturkan Partai Gerindra menjunjung tinggi dan menghormati prerogatif presiden dalam menunjuk dan mengusulkan Jenderal Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI.

“Bagi kami apa yang menjadi keputusan presiden kami menjunjung tinggi, kami akan hormati dan kami akan ikuti apa yang menjadi keputusan presiden,” ucap Muzani.

Partai Gerindra, lanjut Muzani, meyakini Presiden Jokowi sudah menghitung cermat penunjukkan Jenderal Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI.

“Presiden sekali lagi sudah menghitung semuanya, penunjukkan Jenderal Andika Perkasa saya kira juga sudah dalam perhitungan yang cermat bagi presiden,” ujar Muzani.

Baca Juga: Mensesneg Sebut Kemungkinan Calon Panglima TNI Berikutnya dari Matra Angkatan Laut

“Dan akhirnya itu pun Presiden harus putuskan sehingga kapan beliau harus pensiun, sudah dalam perhitungan presiden. Kami percaya apa yang sudah diputuskan oleh Pak Jokowi adalah yang terbaik untuk bangsa dan negara.”

Di samping itu, lanjut Muzani, Partai Gerindra juga meyakini jika Jenderal Andika Perkasa mampu mengatasi ancaman perang siber.

“Potensi gangguan terhadap negara itu kompleks, ada siber, ada gangguan keamanan lainnya. Saya kira itu menjadi sebuah tantangan Pak Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI,” kata Muzani.

“Dan saya kira beliau sudah melakukan identifikasi masalah terhadap apa-apa yang berpotensi bisa mengganggu pertahanan negara.”



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x