Kompas TV regional berita daerah

Sosok Wanita di Balik Terapi Plasma Konvalesen

Kompas.tv - 3 November 2021, 14:16 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

BANDUNG, KOMPAS.TV - Sosok dokter Theresia Monica Rahardjo, adalah pahlawan yang mempunyai peran dalam menanggulangi pandemi covid 19. Wanita kelahiran Purwokerto 8 Agustus 1971 ini, adalah pencetus terapi plasma konvalesen bagi pasien covid 19 di Indonesia. Kini dokter Theresia Monica, menjabat sebagai direktur rumah sakit Unggul Karsa Medika Bandung. 

Awal mula terapi plasma konvalesen ini dimulai dari latar belakang dokter Theresia merupakan konsultan ICU. Setiap harinya, dokter Theresia berhubungan dengan yang namanya plasma, transfusi plasma, serta pengetahuan tentang cuci plasma.

Selain itu, terapi plasma konvalesen sudah digunakan jaman dahulu. Salah satunya untuk mengatasi flu Spanyol dan juga telah digunakan terhadap penyakit virus lain seperti sars, ebola, dan mers. 

Hasil penelitiannya menunjukan bahwa terapi plasma konvalesen pada penyakit-penyakit tersebut memberikan hasil yang cukup baik, terutama bagi pasien dengan gejala berat sampai kritis. 

Agar terapi plasma konvalesen kepada pasien covid 19 dapat segera diwujudkan, dokter Theresia menyurati Presiden Joko Widodo. Ternyata surat tersebut mendapatkan angin segar, sehingga akhirnya terapi plasma konvalesen bisa diberikan kepada pasien covid 19. 

Dokter Theresia meyakini, terapi plasma konvalesen ini membantu pembentukan herd immunity, vaksinasi untuk proteksi orang yang sehat  dan terapi plasma konvalesen untuk membantu penyembuhan orang yang sakit.

 

Untuk lebih tahu berita terup date seputarJawa Barat, bisa klik link di bawah .

IG:https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube:https://www.youtube.com/c/kompastvjaw...

Twitter:https://www.twitter.com/kompastv_jabar/

Facebook:https://www.Facebook.com/kompastvjabar/

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x