Kompas TV internasional kompas dunia

Joe Biden Kritik China: Klaim Pemimpin Dunia Kok Tak Datang KTT COP26

Kompas.tv - 3 November 2021, 16:03 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV – Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengkritik China karena tak datang di KTT Perubahan Iklim COP26 di Glasgow, Skotlandia dalam pidatonya pada 2 November 2021.

“Saya pikir itu adalah kesalahan besar, terus terang, untuk China, itu kembali ke China, tidak muncul. Seluruh dunia akan melihat ke China dan mengatakan nilai tambah apa yang mereka berikan. Dan mereka telah kehilangan kemampuan untuk mempengaruhi orang-orang di seluruh dunia dan semua orang di sini di COP. Dengan cara yang sama, saya akan berdebat mengenai Rusia." Ujar Biden.

“Tetapi fakta bahwa China sedang mencoba untuk menegaskan, bisa dimaklumi, peran baru di dunia sebagai pemimpin dunia, tidak muncul, ayolah. Satu-satunya hal terpenting yang mendapat perhatian dunia adalah iklim,” ujar Biden.

Selain China, Biden juga mengkritik Rusia.

“Bagaimana Anda bisa mengklaim bisa memiliki kepemimpinan sekarang? Sama dengan Putin dan Rusia. Anda tahu, tundranya terbakar. Dia sirkum ... secara harfiah, tundra nya terbakar. Dia memiliki masalah iklim yang serius dan serius dan dia bungkam pada kesediaan untuk melakukan apa saja,” kata Biden.

Video Editor: Jihan Zahirah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.