Kompas TV nasional politik

Apakah Surpres Calon Panglima TNI Akan Dikirim ke DPR Hari Ini?

Kompas.tv - 3 November 2021, 09:25 WIB
apakah-surpres-calon-panglima-tni-akan-dikirim-ke-dpr-hari-ini
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyematkan Brevet Wing Kehormatan Penerbang Kelas I TNI AU kepada empat pejabat negara, Selasa (5/10/2021). (Sumber: Puspen TNI)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pada 8 November 2021 usianya tepat berumur 58 tahun.

Artinya, mantan KASAU itu akan memasuki masa pensiun bila menilik aturan dalam Undang-undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia. 

Namun, hingga saat ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum juga mengirimkan surat presiden (surpres) ihwal pergantian nama pimpinan di pucuk TNI tersebut. 

Baca Juga: Wakil Ketua DPR: Mungkin 2 Hari Lagi Jokowi Kirim Surpres Calon Panglima TNI

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar menyebut kemungkinan hari ini Rabu (3/10/2021) surpres dikirim Kepala Negara ke legislatif. 

"Kalau lihat pensiunnya, November ya? Ya, mungkin 1-2 hari ini ada keputusan," kata pria yang karib disapa Cak Imin itu di Gedung DPR, Jakarta, Senin (1/11/2021). 

Sementara itu, Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin menyebut masih ada waktu sebelum pensiunnya Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Dia mengatakan jika ada surpres pergantian panglima, maka surat tersebut bakal dikirim ke Komisi I DPR. Setelah itu Komisi I bakal menggelar uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test kepada calon panglima yang ditunjuk oleh Presiden RI. 

"Hasil fit and proper test dilaporkan ke pimpinan DPR dan DPD dan DPR nanti akan berkirim surat kepada bapak presiden itu," ujarnya. 

Politikus PDIP itu mengatakan masih ada waktu sebelum Marsekal Hadi Tjahjanto pensiun. 

Dia mengatakan, jika dikalkulasi berdasarkan pensiunnya Panglima TNI Hadi Tjahjanto, maka ada waktu sekitar dua minggu untuk Presiden memutuskan usulan pengganti  Panglima TNI. 

Baca Juga: Pergantian Panglima TNI, KSP: Dalam Waktu Dekat Akan Ada Surat Presiden

Dalam kesempatan berbeda, Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Faldo Maldini mengatakan, penyerahan surat presiden (surpres) terkait calon panglima TNI masih menanti jadwal DPR kembali bersidang.

Selain itu, menurut dia, masih ada waktu hingga masa jabatan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berakhir pada akhir November 2021.

"Sejauh ini secara jadwal, semuanya masih aman, menunggu jadwal DPR sidang lagi. Kita masih ada waktu sampai masuk pensiun panglima di akhir November nanti," ujar Faldo saat dihubungi Kompas.com, Jumat (8/10/2021).

"Masih ada waktu mencari perwira terbaik yang ingin mengorbankan dirinya untuk membawa Indonesia bangkit dari pandemi. Tugas berat ini," kata dia.

Baca Juga: DPR Minta Pergantian Panglima TNI Sebelum 8 November 2021

Saat ini ada dua nama yang menguat bakal menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto. Salah satu kandidatnya adalah Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa. 

Kemudian, Laksamana TNI Yudo Margono yang kini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Laut.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.