Kompas TV regional berita daerah

150 Relawan Mengikuti Simulasi Penanganan Korban Longsor

Kompas.tv - 2 November 2021, 12:04 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Petugas  gabungan di Jember Jawa Timur mengikuti simulasi penyelamatan dan penanganan korban bencana alam tanah longsor. Kegiatan itu meningkatkan kesiapsiagaan petugas dalam penanganan korban bencana alam.

Simulasi penanganan korban bencana alam tanah longsor digagas oleh Palang Merah Indonesia Jember Jawa Timur. Simulasi itu digelar di bukit batu jubang Desa Lampeji Kecamatan Mumbulsari, pada Sabtu (30/10/2021).

Ketua PMI Jember, Zaenal Marzuki mengatakan bahwa simulasi itu diikuti 150 petugas gabungan dari PMI, BPBD, TNI, Polri dan relawan.

Baca Juga: Gelar Simulasi Bencana Gempa Bumi Pada Santri Sanlat

Simulasi menitikberatkan penanganan korban tanah longsor, proses evakuasi dan perawatan medis, serta penanganan korban meninggal secara cepat, tepat dan efisien.

Kepala BPBD Jember, Sigit Akbari mengatakan bahwa titik lokasi penanganan korban longsor dilakukan di semua medan, mulai dari perbukitan, sungai, perkebunan dan pemukiman. Hal ini sebagai bentuk ketanggapan petugas dalam penanganan korban di segala medan.

Selain penanganan korban, simulasi kesiapan pemenuhan logistik juga digelar, salah satunya dengan mendirikan dapur umum.

Baca Juga: Cegah Korban Jiwa, PMI Gelar Simulasi Bencana Gempa

Simulasi ini penting dilakukan mengingat Kabupaten Jember merupakan daerah rawan bencana alam, mulai tanah longsor, banjir, gempa bumi dan tsunami.

#SimulasiBencana #BencanaLongsor #PalangMerahIndonesia



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x