Kompas TV internasional kompas dunia

Potret Adu Lengan Jokowi dengan PM Palestina: Dukung Perjuangan Jadi Negara Merdeka

Kompas.tv - 2 November 2021, 13:13 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV – Inilah potret adu lengan Presiden Jokowi dengan PM Palestina sebagai salam persahabatan di masa Pandemi Covid-19.

Pertemuan ini merupakan pertemuan bilateral dengan PM Palestina Mohammad Ibrahim Shyayyeh di sela-sela KTT COP26 di Glasgow pada 1 November 2021.

Presiden Joko Widodo menegaskan kembali komitmen Indonesia untuk terus mendukung perjuangan Palestina menjadi negara yang merdeka, berdaulat penuh, dan dapat menentukan nasibnya sendiri dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kota negaranya.

Baca Juga: Jokowi: Indonesia Tetap dan Terus Dukung Perjuangan Palestina

Penegasan tersebut disampaikan Kepala Negara saat melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Palestina Mohammad Ibrahim Shtayyeh di sela-sela pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Pemimpin Dunia COP26, di Scottish Event Campus, Glasgow, Skotlandia, pada Senin, 1 November 2021.

"Palestina selalu menjadi perhatian penting bagi Indonesia," ucap Presiden Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan sejumlah hal yang menjadi perhatian Indonesia terkait Palestina. Pertama, Indonesia sangat prihatin dan mengecam berbagai pelanggaran yang terus dilakukan Israel. Oleh karena itu, Indonesia mengusulkan pembentukan misi internasional sebagai mata dan telinga bagi dunia atas berbagai insiden yang terjadi di Jerusalem.

"Indonesia dalam berbagai kesempatan mengusulkan pembentukan misi internasional di Yerusalem untuk memastikan keamanan dan keselamatan warga di wilayah pendudukan dan terjaganya status Yerusalem sebagai kota suci untuk tiga agama," ungkapnya.

Video Editor: Laurensius Krisna Galih.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.