Kompas TV brandsight

Tumbuhkan Minat Baca Anak dengan Petualangan Virtual di Rumah

Senin, 1 November 2021 | 18:30 WIB
tumbuhkan-minat-baca-anak-dengan-petualangan-virtual-di-rumah
Ilustrasi menumbuhkan minat baca anak. (Sumber: Shutterstock/Dragon Images)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menumbuhkan minat baca anak menjadi tantangan tersendiri bagi orangtua, khususnya di masa pandemi Covid-19.

Survei Progamme for International Student Assessment (PISA) pada 2015 memosisikan minat baca Indonesia di urutan ke-64 dari 72 negara. Dari 1,000 orang Indonesia, hanya 1 orang yang rajin membaca.

Hal ini tentu sangat disayangkan mengingat minat baca berbanding lurus dengan kesejahteraan masyarakat. Negara-negara maju seperti Finlandia, Australia, dan Jepang, menanamkan kegiatan membaca sebagai budaya yang dilakukan sejak kecil.

Bukan tanpa alasan, Profesor dan Ahli Literasi di University of Rochester’s Warner School of Education, Carol Anne St. George, EdD mengatakan, minat baca penting untuk mengasah pemahaman manusia pada pertumbuhannya.

“Membaca mampu meningkatkan kepercayaan diri dan imajinasi anak, dan membantu anak-anak mendapatkan banyak pengetahuan dari buku,” katanya, seperti dikutip dari laman resmi Rochester.

Baca Juga: Inovasi Anak Indonesia, Berkreasi dan Berinovasi dari Rumah

Berbagai manfaat membaca bisa didapat dengan menanamkan minat baca sejak dini. Membaca dapat menstimulasi imajinasi, kreativitas, dan mengasah kecerdasan anak. Dengan membaca, anak belajar banyak kosakata baru dan memperkaya padanan kata.

Ini dapat membantu meningkatkan kemampuan komunikasi anak, dan membantu anak-anak melakukan presentasi dengan baik di sekolah.

Sebagaimana pepatah mengatakan, “buku adalah jendela dunia”, membaca buku dapat menambah pengetahuan baru yang tidak diajarkan orangtua.

Dengan demikian, pemahaman anak tentang dunia bisa berkembang lebih luas, yang akan berguna untuk kehidupan dewasanya kelak.

Penulis : Elva Rini

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:31
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19