Kompas TV nasional peristiwa

Sebut Belum Ada Surat Presiden Soal Pergantian Panglima TNI, Anggota DPR : Masih Ada Waktu

Kompas.tv - 1 November 2021, 14:48 WIB
sebut-belum-ada-surat-presiden-soal-pergantian-panglima-tni-anggota-dpr-masih-ada-waktu
Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Tubagus Hasanuddin alias TB Hasanuddin. (Sumber: TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Purwanto

KOMPAS.TV, JAKARTA-  Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat yang membidangi pertahanan membantah adanya surat presiden (surpres) mengenai nama calon Panglima TNI pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto. DPR menyebut masih ada waktu sebelum pensiunnya Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Anggota Komisi 1 DPR TB Hasanuddin menyatakan jika ada surat dari Presiden, maka pasti bakal dibacakan dalam rapat paripurna DPR. 

Namun, kata TB Hasanuddin, hingga berakhirnya rapat paripurna DPR, Senin (1/11), tidak ada surpres pergantian panglima yang dibacakan pimpinan DPR. 

"Tapi tadi pagi ini baru selesai saja rapat paripurna. Kami belum mendapatkan informasi yang dibaca oleh pimpinan DPR. Artinya surat itu belum sampai ke Ketua DPR," tuturnya. 

Baca Juga: Wakil Ketua DPR: Mungkin 2 Hari Lagi Jokowi Kirim Surpres Calon Panglima TNI

Dia mengatakan jika ada surpres pergantian panglima, maka surat tersebut bakal dikirim ke Komisi I DPR. Setelah itu Komisi I bakal menggelar uji kelayakan dan kepatutan atau  fit and proper test kepada calon panglima yang ditunjuk oleh Presiden RI. 

"Hasil fit and proper test dilaporkan ke pimpinan DPR dan DPD dan DPR nanti akan berkirim surat kepada bapak presiden itu," ujarnya menerangkan. 

Dia mengatakan masih ada waktu sebelum Marsekal Hadi Tjahjanto pensiun. Dia mengatakan, jika dikalkulasi berdasarkan pensiunnya Panglima TNI Hadi Tjahjanto, maka ada waktu sekitar dua minggu untuk Presiden memutuskan usulan pengganti Hadi. 

Baca Juga: Tak Ikut Mengantar Jokowi ke LN, Rupanya Panglima TNI Terima Penghargaan dari Singapura

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.