Kompas TV brandsight
BrandSight
Konten ini merupakan kerjasama KompasTV dengan Dancow

Teknologi VR dalam Ensiklopedia Dorong Anak Gemar Membaca

Kompas.tv - 1 November 2021, 12:53 WIB
Ilustrasi petualangan anak di dunia virtual reality (VR). (Sumber: Pexels/Porapak Apichodilok)
Penulis : Elva Rini

JAKARTA, KOMPAS.TV – Bukan informasi baru bahwa proses belajar manusia di usia muda berpengaruh terhadap kemampuan berpikir ketika dewasa. Penting untuk memuaskan rasa ingin tahu anak-anak dengan pengetahuan yang tepat dan berguna bagi dirinya kelak.

Salah satu yang dapat dilakukan orangtua untuk mendukung proses belajar anak adalah dengan membiasakan kegiatan membaca pada anak.

Membaca dapat menstimulasi imajinasi, kreativitas, dan mengasah kecerdasan anak. Dengan membaca, anak belajar banyak kosakata baru dan memperkaya padanan kata.

Untuk pembaca pemula, buku bergambar bisa menjadi pilihan yang tepat. Buku ensiklopedia yang ringan, informatif, dan berisi visual yang menarik merupakan awal yang baik untuk meningkatkan minat baca anak.

Seri Ensiklopedia Dani dan Dania dari Dancow FortiGro x Bobo adalah buku pengetahuan bergambar yang dirancang untuk menjadi teman belajar anak-anak di usia sekolah.

Tak main-main, seri ensiklopedia ini juga dilengkapi dengan kacamata 3D untuk menambah serunya belajar dan berpetualang di dunia buku.

Teknologi virtual reality (VR) yang menginspirasi

Ilustrasi petualangan anak di dunia virtual reality (VR). (Sumber: Pexels/Porapak Apichodilok)

Bukan tanpa alasan buku anak-anak banyak memuat gambar atau ilustrasi yang menarik.

Ilustrasi dalam buku bergambar ternyata dapat membantu anak-anak memahami apa yang mereka baca dan mendorong proses berpikir mereka untuk menganalisis cerita.

Ilustrasi juga dapat membantu mereka memahami narasi dalam buku dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap alur cerita.

Kini, seiring dengan perkembangan teknologi dan munculnya kebutuhan meningkatkan minat baca anak saat di rumah saja, buku bacaan anak juga terus berinovasi.

Seri Ensiklopedia Dani dan Dania misalnya, dilengkapi dengan QR Code yang bisa di-scan untuk masuk dalam dunia virtual Dani dan Dania.

Baca Juga: Inovasi Anak Indonesia, Berkreasi dan Berinovasi dari Rumah

Dalam dunia virtual reality, karakter Dani dan Dania dihidupkan untuk menemani buah hati melakukan petualangan “nyata” lewat teknologi digital.

Anak tidak hanya menjadi “orang ketiga” yang berusaha memahami peristiwa, melainkan jadi tokoh utama yang terlibat dalam petualangan Dani dan Dania.

Melihat langsung ekspresi dan adegan karakter Dani dan Dania dapat membuat cerita menjadi lebih menarik.

Anak bisa belajar untuk menganalisis tindakan, menafsirkan maknanya, kemudian berpikir mengenai cara meresponnya.

Teknologi VR dapat membantu mengembangkan keterampilan analisis dan komunikasi yang lebih kuat untuk si kecil.

Cerita yang tidak membosankan

Anak-anak sebenarnya memiliki semangat yang besar untuk membaca. Hal ini dapat dilihat dari antusiasme mereka saat membaca papan iklan di jalanan, atau tulisan lain yang ditangkap indera penglihatannya.

Anak-anak dalam masa pertumbuhan seringkali bersemangat untuk belajar hal baru. Ironisnya, anak-anak juga cepat merasa bosan.

Menjaga semangat dan meningkatkann minat baca anak menjadi tantangan yang harus dilalui setiap orangtua. Terlebih, anak-anak yang biasa terpapar buku bergambar memiliki kebutuhan akan cerita yang lebih “canggih” dan menarik.

Dancow FortiGro yang dilengkapi dengan Protecare (kombinasi unik Zat Besi, Zinc, Vitamin A, C, dan D) memahami kebutuhan ini dan berupaya melindungi proses belajarnya.

Seri Ensiklopedia Dani dan Dania dirancang ke dalam empat tema yang menarik untuk diulik, antara lain Flora dan Fauna, Robot (Teknologi), Time Travel (Sejarah Penemuan), dan Luar Angkasa.

Dalam seri pertama, anak-anak dapat belajar pengetahuan umum mengenai flora dan fauna, seperti nama-nama tanaman khas Indonesia, hewan-hewan cerdas, bahkan cara menghitung usia pohon yang mungkin saja berumur ratusan tahun.

Seri kedua membangkitkan rasa ingin tahu anak mengenai kemajuan teknologi. Anak diajak untuk memahami perkembangan robot dari masa ke masa, dampaknya bagi manusia, hingga cara kerja kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

Pada seri ketiga, anak akan dibawa ke masa lampau untuk bertemu tokoh-tokoh penemu. Pada seri ini, anak bisa memahami bahwa proses penemuan yang membawa perubahan tidak dilalui secara instan, bahkan seringkali menemukan kegagalan.

Seri keempat adalah mengenai luar angkasa. Seri ini memperlihatkan betapa luas jagad raya. Pengetahuan mengenai eksistensi selain bumi dan benda-benda langit dapat membuka kesadaran anak untuk memahami dunia yang lebih luas.

Nah, bagaimana? Banyak pengetahuan yang tidak diajarkan di rumah dan sekolah ternyata bisa didapatkan dari buku.

Yuk, ajak si kecil rasakan serunya petualangan Dani dan Dania dalam empat Seri Ensiklopedia Dancow FortiGro.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x