Kompas TV bisnis ukm

Plafon hingga Rp500 Juta, Ini Syarat dan Cara Mahasiswa Ajukan KUR BRI

Kompas.tv - 1 November 2021, 08:17 WIB
plafon-hingga-rp500-juta-ini-syarat-dan-cara-mahasiswa-ajukan-kur-bri
Salah satu syarat bagi mahasiswa yang ingin mengajukan KUR ke BRI adalah memiliki usaha yang telah berjalan minimal 4 bulan dan mempunyai toko online di salah satu marketplace atau aplikasi seperti Tokopedia, Shopee, Gojek, Grab, dll (1/11/2021). (Sumber: Freepik)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pemerintah memperluas debitur (pihak yang menerima pinjaman) untuk program Kredit Usaha Rakyat. Kini, mahasiswa yang mempunyai usaha pun bisa mengajukan KUR dengan plafon Rp10 juta hingga Rp500 juta.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, perluasan debitur KUR ke kampus-kampus diharapkan mampu mampu menciptakan lapangan kerja.

"Karena UMKM terbukti sebagai critical engine dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi Covid-19,” kata Airlangga dalam keterangan tertulisnya kepada Kompas TV, dikutip Senin (1/11/2021).

Baca Juga: Asyik, Kini Mahasiswa yang Punya Usaha Bisa Ajukan KUR hingga Rp500 Juta

Pemerintah juga mempermudah syarat bagi mahasiswa yang ingin mengajukan KUR ke perbankan. Salah satunya dengan persyaratan usaha cukup dengan surat keterangan.

Dari beberapa bank penyalur KUR yang ditunjuk pemerintah, BRI adalah bank dengan kuota penyaluran KUR terbesar. Yaitu Rp195 triliun.

Bagi mahasiswa yang ingin mengajukan KUR ke BRI, berikut adalah syaratnya:

1. Individu (perorangan) memiliki usaha yang telah berjalan minimal 6 bulan.

2. Untuk pinjaman Rp10 juta, usaha yang berjalan cukup selama 4 bulan

Baca Juga: Bunga KUR 3 Persen, Airlangga Yakin Rentenir Tidak Akan Bisa Saingi

3. Menjalankan usahanya di salah satu platform e-commerce (misalnya Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lainnya) dan/atau penyedia ride hailing (Gojek atau Grab)

4. Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit 

5  Melengkapi persyaratan administrasi berupa KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat ijin usaha (dapat berupa surat keterangan yang diterbitkan oleh e-commerce atau ride hailing)

Sedangkan cara mengajukan BRI secara online adalah:

1. Buka laman kur.bri.co.id

2. Pilih "Ajukan Pinjaman"

3  Login menggunakan alamat email dan masukkan kata sandi jika sudah memiliki akun. Namun, jika belum memiliki akun di laman tersebut bisa memilih " Daftar".

4  Baca pernyataan yang diberikan oleh BRI dan klik "Setuju"

5. Isi formulir pengajuan yang diberikan oleh BRI secara online seperti tentang profil calon nasabah, profil usaha, unggah dokumen, dan data pengajuan.



Sumber :

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.