Kompas TV internasional kompas dunia

KTT G20, Jokowi Berpidato Soal Penguatan Peran UMKM dan Perempuan

Kompas.tv - 31 Oktober 2021, 15:38 WIB
Penulis : Theo Reza

JAKARTA, KOMPAS.TV – Presiden Joko Widodo berkesempaan berpidato di depan perwakilan negara-negara dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi membahas soal UMKM dan Bisnis milik perempuan.

Jokowi tegaskan G20 harus mendorong penguatan peran UMKM dan perempuan melalui sejumlah aksi nyata.

Bagi Indonesia sendiri, UMKM merupakan senid utama perekonoian. Sebanyak 65 juta unit UMKM berkontribusi  terhadap 61 persen perekonomian nasional.

Dan 64 persen pelaku UMKM di Indonesia adalah perempuan sehingga bagi Indonesia memberdayakan UMKM berarti memberdayakan perempuan.

Baca Juga: Jokowi Dorong Negara-negara G20 Lakukan Penguatan Peran UMKM dan Perempuan

"Pertama, meningkatkan inklusi keuangan UMKM dan perempuan. Inklusi keuangan adalah prioritas Indonesia. Indeks keuangan inklusif kami telah mencapai 81 persen dan kami targetkan mencapai 90 persen di tahun 2024," ujar Jokowi Dikutip dari Setpres.

Aksi nyata kedua yakni mendukung transformasi ekonomi UMKM. Lokapasar atau ecommerce menjadi salah satu penggerak ekonomi Indonesia di Masa Pandemi.

Lebih jauh Presiden Jokowi menyebut bahwa keberpihakan G-20 harus nyata bagi digitalisasi UMKM dan perempuan. Dukungan tersebut berupa pembangunan infrastruktur digital dan kerja sama teknologi, perluasan konektivitas digital secara inklusif, serta peningkatkan literasi digital pelaku UMKM

Video Editor: Laurensius Galih



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.